jatimnow.com

Idul Adha di Istiqlal Sedot Media Peliput Asian Games 2018

Editor : Budi Sugiharto
🔍

jatimnow.com - Pesona Masjid Istiqlal menyedot perhatian media asing yang tengah bertugas meliput perhelatan olahraga Asian Games 2018 di tengah perayaan Idul Adha, yang jatuh pada hari ini.

Media asal Qatar bernama Al Kass sejak pagi telah berada di halaman masjid yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, untuk meliput kegiatan Salat Idul Adha.

"Kami sebetulnya datang untuk meliput Asian Games 2018, namun kami juga tertarik untuk datang ke Masjid Istiqlal karena bertepatan dengan Idul Adha," ujar jurnalis Al Kass bernama Leen Zerkli di Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Menurut Leen, Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara, sehingga sangat disayangkan apabila Al Kass melewatkan kesempatan untuk mengeksplor keberadaan masjid ini.

"Istiqlal sangat penting dikunjungi, karena merupakan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara dan simbol terkenal yang ada di Jakarta, yaitu kota tempat Asian Games 2018 digelar," ungkapnya.

Menurut pantauan Antara, beberapa jurnalis dari media India juga turut melakukan peliputan di area Masjid Istiqlal.

Isiqlal tingkatkan ketertiban Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan bahwa Istiqlal siap setiap saat dalam menyambut tamu dari berbagai negara, termasuk tamu-tamu yang berkaitan dengan Asian Games 2018.

"Kami sudah biasa menerima tamu, termasuk tamu asing. Terkait Asian Games 2018, kami bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hanya meningkatkan ketertiban di lingkungan masjid," ungkap Abu.

Dengan demikian, lanjut Abu, lingkungan masjid terbebas dari pengemis maupun anak jalanan, yang kerap memin-minta kepada wisatawan.

Selain sebagai wisata religius, para pengunjung Masjid Istiqlal juga dapat menikmati arsitekttur masjid yang memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, serta ornamen geometrik dari baja antikarat pada desain interiornya.

"Jadi, yang Muslim bisa merasakan pengalaman salat di masjid terbesar di Asia Tenggara. Kemudian, yang non Muslim bisa melihat-lihat arsitektur masjid yang dibangun tanpa kayu," ujarnya.

Diketahui, Masjid Istiqlal menggelar salat Idul Adha pagi ini, di mana Ahmad Husni Ismail hadir sebagai imam dan Yusnar Yusuf Rangkuti sebagai Khatib.

Ribuan jamaah yang berasal dari dalam maupun luar kota berbondong-bondong mendatangi Istiqlal untuk Salat Idul Adha.

Menurut Panitia, sejumlah kontingen Asian Games 2018 turut hadir dalam salat Idul Adha yang dimulai pukul 07.00 WIb tersebut.

Adapun Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir untuk salat dan menyerahkan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo dan dirinya seberat masing-masing 1,5 ton kepada panitia hewan kurban Masjid Istiqlal.

Penulis/Editor: Budi Sugiharto
Sumber: Antara

Loading...