Pixel Code jatimnow.com

Sumenep Jajaki Kerja Sama dengan Universitas Jember, Ini Targetnya

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ni'am Kurniawan
Bupati Sumenep Ahmad Fauzi melakukan MoU dengan Universitas Jember. (Foto:  Kit for jatimnow.com)
Bupati Sumenep Ahmad Fauzi melakukan MoU dengan Universitas Jember. (Foto: Kit for jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Sumenep Ahmad Fauzi melakukan MoU dengan Universitas Jember (Unej) untuk menekan angka kemiskinan dan menaikkan pertumbuhan ekonomi di wilayah ujung timur pulau Madura.

"Kita melakukan kerja sama dengan Universitas Jember dalam rangka mencapai Sumenep kedepan lebih baik dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan warga," kata Bupati Fauzi, Selasa, (20/06/2023).

Fauzi meminta, MoU dengan Universitas Jember ini dapat ditindaklanjuti melalui perjanjian kerja sama (PKS) baik dalam sektor pertanian, pendidikin dan kesehatan.

Ia juga ingin angka kemiskinan dan pengangguran terbuka di Sumenep lebih kecil lagi. Sehingga kesejahteraan masyarakat Sumenep kian meningkat.

"Selama ini angka pemgangguran terbuka di Sumenep 'kan terendah di Jatim. Itu yang harus dipertahankan," katanya.

Disamping itu, salah satu fokus Sumenep adalah menekan ketimpangan sosial dan membangun SDM warga Sumenep agar lebih baik lagi.

"Angka gini ratio Sumenep juga terendah di Jatim, itu akan terus kita pertahankan," tambah ketua PDIP Sumenep itu.

Baca juga:
3 Nelayan Sumenep Hilang usai Perahunya Ditabrak Kapal Misterius

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep pada 2022 sekadar menyisakan 18,76 persen. Jumlah ini jauh menurun ketimbang tahun 2021 yang mencapai 20,51 persen.

Sementara tingkat pengangguran terbuka pada 2022 tinggal 1,36 persen, berkurang dari tahun 2021 sebesar 2,31 persen. Meningkatnya sektor pariwisata juga memperkecil angka ketimpangan sosial, karena banyak menyerap tenaga kerja di perdesaan.

Data gini ratio pada tahun 2022 juga menurun, menyisakan 0,266 persen. Angka gini ratio pada tahun 2021 masih 2,31 persen. Penurunan angka pengangguran terbuka dan indeks gini ratio menjadi yang terbaik dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

Dari pantauan, beberapa kepala OPD Pemkab Sumenep terlihat mendampingi Bupati Fauzi. Sementara, dari civitas jajaran akademisi Universitas Jember dipimpin oleh Rektor Dr Iwan Taruna.

Baca juga:
Oknum Pegawai Kemenag Sumenep Dilaporkan Polisi, Diduga Bawa Kabur Uang CJH

Dalam kesempatan itu, Rektor Iwan Taruna mengapresiasi kerjasama terkait peningkatan kualitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi dan pelaksanaan tugas pemerintah daerah dengan pemkab Sumenep.

Pihaknya berharap kerjasama ini bisa memberikan nilai manfaat kepada masyarakat secara luas.

"Kita berharap kerja sama ini memberikan manfaat bagi kita semua, bagi masyarakat Sumenep,” katanya.