Omset Pengepul Kulit Hewan Kurban Capai Rp 2 Juta - Rp 3 Juta/Hari

Editor: Erwin Yohanes Narendra Bakrie / Reporter:

Para pengepul kulit hewan kurban di Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya.

jatimnow.com - Hari Raya Idul Adha 1439 H tahun 2018 kali ini menjadi rejeki tersendiri bagi para pengepul kulit hewan kurban dadakan di Surabaya.

Sebab, omset mereka meningkat tajam dengan keuntungan jutaan rupiah, mulai Rabu (22/8/2018) siang.

Para pengepul kulit hewan kurban itu berjajar di sepanjang Jalan Nyamplungan, kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya.

Mereka terlihat sibuk membeli membeli kulit sapi dan kambing dari warga yang memotong kambing atau sapinya untuk berkurban.

Seperti yang dilakukan Haji Arif, salah satu pengepul dadakan. Menurutnya, dia dan teman-temannya membuka lapak selama dua hari lebaran Idul Adha.

Kulit hewan kurban yang ia beli, selanjutnya akan dijual kepada pengepul besar untuk bahan baku pembuat beduk dan sejumlah pemborong dari pabrik kulit yang biasa memproduksi jaket, tas dan sepatu, baik dari Malang maupun Sidoarjo.

"Dalam sehari, keuntungan saya sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta," beber Haji Arif.

Dijelaskan Arif, untuk 1 lembar kulit kambing para pengepul disana sepakat membelinya dengan harga antara Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu setiap lembarnya.

Sedangkan tahun lalu, antara Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu. "Kalau kulit sapi, pada tahun ini kami beri harga Rp 6 ribu hingga Rp 8 ribu rupiah perkilogram," sambungnya.

Kendati omset pendapatan pada tahun ini meningkat di banding tahun sebelumnya, tapi untuk harga beli kulit sapi dan kambing menurun drastis.

Dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, para pengepul kulit hewan kurban bisa membeli ribuan lembar kulit kambing dan sapi pada momen Idul Adha.

"Kalau hari-hari biasa, paling hanya puluhan hingga ratusan lembar kulit," pungkas Arif.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter