Pixel Code jatimnow.com

DOKU Luncurkan Akses Pembayaran Berbasis Digital, Bidik Pasar UMKM

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Ni'am Kurniawan

jatimnow.com - DOKU resmi mengumumkan kehadiran 'Juragan DOKU', sebuah inisiatif baru untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM di Indonesia. Bersama mitra komunitas strategis seperti Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard) dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan), DOKU secara mantap masuk ke segmen UMKM setelah 16 tahun fokus menggarap segmen korporat.

Melalui perhelatan ini, DOKU juga menyatakan transformasi bisnisnya dari pionir payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang akan memperkuat penetrasi bisnis di Indonesia dan melebarkan sayap untuk memperluas bisnis ke Asia Tenggara beberapa tahun ke depan.

Acara peluncuran ini juga turut dibuka oleh Plh Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto. Ditemui usai peluncuran, Ceo DOKU Chris Yeo mengungkapkan, perluasan di Indonesia kali ini merupakan peluncuran kedua pasca sukses di Malaysia dengan nama akuisisi senangPay

"Juragan DOKU, menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers. Mereka menjadi target pasar utama bagi Juragan DOKU di fase awal ini," ucap Chris Yeo, Senin (3/7/2023).

Apa sih kemudahan yang didapat? Disini, Juragan DOKU menawarkan layanan terima pembayaran instan dengan fitur-fitur langsung pakai (tanpa integrasi), seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout.

Selain melalui web,Juragan DOKU juga tersedia di Play Store dan Apple Store. DOKU juga mulai merintis ekosistem melalui program pendampingan khas untuk para Juragan.

"Melalui Juragan DOKU kami berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran," imbuh dia.

Diketahui, dalam perjalanan bisnisnya selama 16 tahun di Indonesia, DOKU telah melayani lebih dari 150,000 merchant payment gateway dari 18 kategori bisnis dan lebih dari 5 juta pengguna e-wallet.

Tahun 2022 menjadi tahun prestasi bagi DOKU pasca pandemi COVID-19, dimana jumlah transaksi sukses mencapai 145 Juta dan secara volume, transaksi DOKU bertumbuh sebesar 80% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pencapaian ini, DOKU telah mengantongi profit terhitung sejak kuartal ke-4 di 2022.

Baca juga:
300 Pelaku Usaha di Surabaya Meriahkan PosAja UMKM Fest 2024

Ditempat sama, Head of SME DOKU, Angga Narendra menjelaskan, fitur-fitur untuk terima pembayaran yang langsung pakai menjadi landasan dan misi fundamental dari Juragan DOKU.

"DOKU untuk digitalisasi UMKM Indonesia. Namun demikian dukungan kami tidak berhenti hanya di pengembangan produk. Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman dan jaringan mitra korporat yang dimiliki DOKU sebagai pionir payment gateway, kami ingin memberikan dukungan yang optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia," kata Angga.

"Sejak kami memperkenalkan Juragan DOKU sekitar awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan. Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi DOKU untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa," sambung dia.

Berikut manfaat dari masing-masing fitur unggulan di aplikasi Juragan DOKU:

Baca juga:
SPE 2024 Resmi Dibuka 4 Hari, Kepoin Teknologi Mesin Percetakan Terbaru Disini

1. Instant Checkout: Transaksi sukses via postingan story Instagram yang sudah disematkan link instant checkout. Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran tanpa harus berpindah aplikasi/platform.

2. Payment Link: Beragam cara terima pembayaran mulai dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial. Buat payment link ringkas, siap sebar dengan mengikuti 3 langkah mudah.

3. E-Katalog: Katalog online langsung pakai yang menampilkan foto produk secara rapi, terhubung dengan beragam opsi pembayaran dan dilengkapi jasa pengiriman.

4. QRIS: Proses daftar QRIS secara mandiri sampai disetujui melalui aplikasi. Didukung oleh notifikasi real-time dan fitur rekap transaksi. Dapat digunakan untuk berbisnis online maupun offline.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.