Pixel Code jatimnow.com

Bandeng Presto Bu Siti Pandaan Tembus Omzet Rp 15 Juta per Bulan

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Ahaddiini HM
Bandeng Presto Bu Siti (Bandeng Presto Bu Siti for jatimnow)..
Bandeng Presto Bu Siti (Bandeng Presto Bu Siti for jatimnow)..

jatimnow - Bandeng Presto Bu Siti, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seorang ibu rumah tangga (IRT) yang dibantu oleh suami dan anak-anaknya di wilayah Kuti, Pandaan sejak tahun 2010 ini semakin berkembang pesat setiap tahun.

Siti Mutiah (59) sang pemilik usaha menjelaskan, awal mula perjalanan usahanya.

"Saat itu penjualan Bandeng Presto Bu Siti ini, saya titipkan ke mlijo atau tukang sayur, juga dijual keliling dan ditawarkan ke tetangga ataupun kenalan. Di tahun 2020 mulai dijual secara online di Gofood, Grabfood, Shopeefood, Facebook, Instagram,” tutur Siti Mutiah.

Wanita warga Pandaan ini melanjutkan, sampai sekarang penjualan produk kulinernya, meski dari rumah, tapi telah dikenal masyarakat Pandaan.

“Sekarang ini, selain menyuplai salah satu cafe di Pandaan, Bandeng Presto Bu Siti juga menyuplai kebutuhan makan karyawan di salah satu tempat wisata di Prigen, yang setiap bulan menghabiskan sekitar 1500 ekor ikan bandeng presto," ungkapnya, Selasa (4/7/2023).

Ada beberapa varian harga dari bandeng Bu Siti yang berciri khas tidak bau tanah dan mempunyai tekstur lunak dengan bumbu meresap ini. Mulai bandeng goreng dengan beragam ukuran yang dijual dengan harga Rp 7 ribu – Rp 20 ribu per ekor hingga pepes bandeng presto dengan harga Rp 8 ribu.

Baca juga:
Bank Jatim Revitalisasi SWK Pinghay, Kini Jauh Lebih Nyaman dan Tertata

Proses produksi Bandeng Presto Bu Siti melalui beberapa tahapan dalam proses pembuatannya. Mulai dari dibersihkannya kotoran bandeng segar, kemudian dipresto dengan bumbu-bumbu selama kurang lebih 1,5 jam. Selanjutnya, dipilah sesuai dengan ukuran besar kecilnya untuk stok bandeng presto goreng dan sebagian dikemas dengan plastik per ekor untuk bandeng presto frozen.

Dalam sekali kulak, bandeng segar sebagai bahan utama didatangkan secara langsung dari tambak wilayah Bangil mencapai sekitar 50 -150 kg, tergantung permintaan kebutuhan konsumen.

Selain menjual bandeng presto paket lauk yang terdiri dari bandeng presto goreng isi 3 dengan harga Rp 20 ribu dan isi 4 ekor dengan harga Rp 36 ribu dengan 2 tahu tenpe bacem serta sambal dan lalapan di setiap paket lauknya. Paket nasi dengan bandeng presto juga ditawarkan di UMKM ini, antara lain paket nasi yang terdiri dari nasi dan bandeng presto Bu Siti, ditambah dengan tempe atau tahu bacem, sambal serta lalapan dengan harga Rp 13 ribu.

Baca juga:
Kampung Pecinan, Destinasi Wisata Baru Warga Kota Mojokerto

Dengan meraup omzet Rp 15 juta per bulan mencakup wilayah pemasaran Pandaan, Bangil, Gempol, Pasuruan Kota, Sidoarjo, Surabaya hingga Bali menciptakan sebuah harapan bagi bandeng presto Bu Siti. Antara lain lebih berkembangnya UMKM Bandeng Presto Bu Siti dengan jangkauan wilayah penjualan yang lebih luas lagi.

"Harapan saya usaha ini dapat terus berkembang sehingga bisa menjangkau pelanggan lebih luas lagi dari luar Pandaan dan Pasuruan," pungkasnya.