jatimnow.com

Lereng Gunung Lawu Terbakar, Semua Pintu Pendakian Ditutup

Lereng yang terbakar 🔍
Lereng yang terbakar

jatimnow.com - Kebakaran hutan di Lereng Gunung Lawu kian meluas. Bahkan area kebakaran saat ini sudah memasuki wilayah Jawa Timur (Jatim).

"Kemarin sore api sudah padam yang di Jatim. Jateng masih membara. Tapi tadi malam sekitar pukul 22.30 WIB hingga saat ini meluas lagi," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra, Kamis (23/8/2018).

Fery menjelaskan, informasi api kembali muncul di antara pos 5 dan pos 3. Sehingga jika api tak kunjung padam, bisa saja menuju ke puncaknya.

Menurutnya, saat ini yang terbakar hanya ilalang saja. Karena pohon-pohon atau kayu sudah tidak ada. "Kayunya sudah habis. Tinggal ilalang," katanya.

Loading...

Ia mengaku, petugas sudah berusaha memadamkan. Mulai dari BPBD Magetan, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu DS, Satuan Tugas Pemadam Kebakaran, relawan Paguyuban Giri Lawu, Anak Gunung Lawu (AGL), dan komunitas relawan lainnya,

"Ini kami berusaha memadamkan secara manual. Ya seperti yang saya bilang, titik api sangat terjal jangkauannya," bebernya.

Akibatnya jalur pendakian semua pintu ditutup. Baik dari Pintu Cemorosewu Magetan maupun Candi Ceto Karanganyar.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes

Loading...