Pixel Codejatimnow.com

Dua Jambret Tas Asal Jombang Babak Belur Dihajar Warga Kunjang Kediri

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Yanuar Dedy
Dua pelaku saat diamankan di Polsek Kunjang. (Foto : Polsek Kunjang for jatimnow.com)
Dua pelaku saat diamankan di Polsek Kunjang. (Foto : Polsek Kunjang for jatimnow.com)

jatimnow.com - Dua jambret asal Jombang jadi bulan-bulanan warga di Dusun Bakalan, Desa Dungus, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri pada Sabtu (8/7/2023). Saat ini mereka sudah diamankan di polsek setempat.

Kedua pelaku diketahui berinisial ES (33) asal Desa/Kecamatan Kesamben dan AF (42) asal Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan. Korbannya adalah Sumarkip (56) warga Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang yang hendak dirampas tasnya.

Beruntung, aksi main hakim sendiri ini dapat dicegah dan diredam oleh anggota Polsek Kunjang yang bergerak cepat menuju lokasi untuk mengamankan pelaku.

Informasi didapatkan dari pihak kepolisian, peristiwa itu bermula saat Sumarkip bersama dengan istrinya sedang berboncengan sepeda motor dengan melewati jalan area persawahan Dusun Bakalan Desa Dungus Kabupaten Jombang.

Tak lama kemudian, Sumarkip tiba-tiba didekati oleh orang pria yang tidak dikenal berboncengan sepeda motor.

"Dua pria itu berusaha merebut tas warna biru dongker yang dibawa korban. Setelah berhasil, keduanya berusaha melarikan diri dengan menambah kecepatan laju kendaraannya," kata Kapolsek Kunjang AKP Ashanik saat dikonfirmasi, Minggu (9/7/2023).

AKP Ashanik menjelaskan, korban yang melihat tasnya dibawa kabur oleh dua orang tersebut bergegas mengejar pelaku sambil berteriak meminta bantuan. Warga setempat yang mendengar teriakan itu, langsung membantu korban untuk mengejar pelaku yang sedang kabur.

Ketika melewati pertigaan jalan Desa Kuwik, Kecamatan Kunjang, sepeda motor yang ditumpangi pelaku tiba-tiba terpeleset hingga terjatuh.

Baca juga:
Saat Ramai Pembeli, Pemuda asal Surabaya Curi Ponsel Karyawan Toko di Bangkalan

"Dari situlah warga setempat berusaha mengejar hingga dapat mengamankan dua pelaku," ungkapnya.

Namun demikian, kedua pelaku langsung dimassa oleh warga setempat hingga babak belur.

Menurut Kapolsek Kunjang, anggota yang menerima adanya laporan penjambretan bergegas menuju ke lokasi. Beruntung, kedatangan petugas dapat mengamankan kedua pelaku dari amukan warga.

"Untuk barang bukti yang diamankan petugas berupa 1 tas milik korban warna biru dongker dan 1 unit sepeda motor Honda warna putih tanpa plat nomor," tambahnya.

Baca juga:
3 Kali Bobol Minimarket di Tulungagung, Residivis Jambret Diringkus

Saat itu petugas sempat membawa kedua pelaku ke klinik untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut karena luka di wajahnya.

"Selanjutnya pelaku dan barang bukti kami bawa ke Mako Polsek Kunjang untuk proses lebih lanjut," pungkas AKP Ashanik.