Pixel Code jatimnow.com

Info Lur! Peta Wilayah Kekeringan Ekstrem di Jawa Timur

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Haryo Agus
ilustrasi
ilustrasi

jatimnow.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Jawa Timur merilis hasil pos pantau monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH).

Ini terhitung mulai pada Dasarian I Juli 2023 di Provinsi Jatim. BMKG merilis beberapa kabupaten di Jatim diprediksi tidak akan diguyur hujan sama sekali.

"Kekeringan ekstrem terjadi di sebagian kecil kabupaten/kota: Bangkalan, Banyuwangi, Jombang, Madiun, Mojokerto, Nganjuk, Pasuruan, Sidoarjo, Situbondo, dan Surabaya," tulis BMKG dalam siaran resminya, dilihat jatimnow.com, Senin (10/7/2023).

Baca juga:
70 Desa di Bangkalan Terancam Kekeringan, Bantuan Air Bersih Mulai Disalurkan

Dalam siaran tersebut, BMKG juga merinci curah hujan di Jatim akan cenderung bervariasi. Yakni hujan dengan intensitas rendah, sedang dan tinggi. Untuk intensitas hujan tinggi akam sering terjadi di kawasan pesisir selatan.

Baca juga:
2 Desa di Trenggalek Mulai Alami Kekeringan

"Curah Hujan Dasarian II Juli 2023 Provinsi Jawa Timur diprakirakan (deterministik) pada umumnya kriteria Rendah (<50 mm) dengan peluang (probabilistik) lebih dari 90 %," lanjut BMKG.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.