Pixel Code jatimnow.com

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya, Mampir Rek!

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Haryo Agus

jatimnow.com - Berkunjung ke Kota Suarabaya, kurang sempurna rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Kota Pahlawan untuk dibawa pulang. Berikut 5 rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya:

1. Sambal Udang Bu Rudy

Bagi wisatawan yang menyukai rasa pedas, Sambal Bu Rudy bisa menjadi pilihan. Mempunyai rasa yang khas, Sambal Bu Rudy menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sambal Bu Rudy memiliki berbagai macam olahan sambal. Mulai dari sambal udang, sambal bawang hingga sambal bajak, yang tersedia dalam berbagai ukuran kemasan.

Sambal Bu Rudy tersebar di berbagi titik di Surabaya. Salah satu cabang terbesarnya berada di Jalan Dharmahusada 140, Surabaya.

Tersedia juga bandeng presto, bandeng asap, dan juga ikan krispy.

2. Lapis Kukus Pahlawan

Kue lapis khas Surabaya ini sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang berkunjung. Lapis Kukus Pahlawan terbuat dari bahan-bahan yang premium dan diolah dengan cara dikukus menjadikan kue bolu ini bertekstur sangat lembut.

Selain rasanya yang enak, harga lapis kukus ini juga terbilang murah. Tak khayal menjadikan Lapis Kukus Pahlawan ini sebagai oleh-oleh favorit jika berkunjung ke Surabaya.

Lapis kukus pahlawan memiliki berbagai varian rasa. Meliputi, original, brownies, cocopandan, black forest, dan masih banyak lagi.

Baca juga:
Bank Jatim Revitalisasi SWK Pinghay, Kini Jauh Lebih Nyaman dan Tertata

Untuk membeli lapis kukus pahlawan cukup mudah. Pasalnya outlet Lapis Kukus Pahlawan sudah tersebar di berbagai wilayah di Surabaya.

3. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno adalah kue lapis yang bertekstur sangat lembut dengan rasa manis yang menggoda. Spikoe Resep Kuno berdiri sejak 1976 dari keluarga Santoso. Dari awal berdiri hingga saat ini, proses pembuatan kue spikoe ini menggunakan resep turun temurun, sehingga membuat cita rasa dari kue spikoe ini tak berubah.

Beralamatkan di Jalan Rungkut Madya 41, Surabaya, Spikoe Resep Kuno ini memiliki 2 pilihan paket, yakni paket reguler dan paket spesial.

4. Minuman Siropen Telasih

Surabaya juga memiliki minuman khas, yakni Siropen Telasih. Produksi Siropen Telasih sudah sejak tahun 1923. Minuman yang diproduksi di Jalan Mliwis ini tidak menggunakan pemanis buatan. Sehingga membuat cita rasanya begitu khas dan nikmat.

Baca juga:
Kampung Pecinan, Destinasi Wisata Baru Warga Kota Mojokerto

Siropen Telasih memiliki beberapa varian rasa, yakni jeruk keprok, cocopandan, vanili, frambosen, dan mawar. Di jual dalam dua pilihan kemasan, reguler dan premium. Dalam kemasan premium, Siropen telasih di kemas dalam botol seperti botol wine, yang mebuatnya terlihat mewah.

5. Kaos CakCuk

Jika pilihan oleh-oleh makanan dan minuman dirasa masih kurang, bisa membeli kaos khas buatan Surabaya. Seperti halnya Dagadu dari Yogjakarta dan Joger dari Bali, Surabaya juga memiliki kaos asli buatan Surabaya.

CakCuk sendiri merupakan sebuah distro yang berdiri sejak tahun 2005. Kaos CakCuk menawarkan desain yang menarik dan berisi kata-kata khas Surabaya.

Tak hanya kaos, CakCuk juga menawarkan gantungan kunci, mug, dan tas. Outlet CakCuk sudah tersebar di Surabaya, salah satunya berada di Jalan Dharmawangsa 35, Surabaya.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.