Pixel Codejatimnow.com

5 Jajanan Oleh-oleh Khas Jombang: Tidak Hanya Durian Lho..

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Harbhimanyu Wicaksono
Jenang kelapa muda. (Foto: internet)
Jenang kelapa muda. (Foto: internet)

jatimnow.com - Jika sedang pergi Jombang, salah satu yang banyak diburu adalah durian Wonosalam. Selain durian, ternyata ada jajanan khas Jombang yang juga bisa dibawa untuk oleh-oleh.

Berikut 5 jajanan khas Jombang:

Durian Asli Wonosalam

Raja buah ini memang sudah umum dikenal. Namun banyak pecinta buah menganggap durian lokal tentu punya keunikan sendiri terlepas dari rasa, aroma dan tekstur daging buahnya.

Durian asli Wonosalam namanya. Walaupun oleh-oleh khas Jombang ini hanya momen musiman, justru hal inilah yang membuat buah ini makin populer dan istimewa karena karakter buah yang cenderung lebih kecil namun dengan rasa manis legit pahit yang ciamik.

Tren buah ini umumnya juga bisa ditandai di awal tahun. Jadi bagi kalian yang ingin membawa oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah bisa langsung cus sekalian datang ke event Pesta Duren Rakyat di Wonosalam. Karena di sana ada bagi-bagi durian gratis sebagai bentuk syukur petani lokal untuk panen tahunan.

Kolak Ketan Durian

Masih soal Durian gaes, tapi bedanya ini nggak harus nunggu musiman ya, karena buah durian untuk bahan utama jajanan ini bisa diawetkan di lemari pendingin.

Kolak durian hangat dipadukan dengan ketan, perpaduan manis legit, pahit dan gurih bikin kuliner satu ini jadi incaran di wisata-wisata area Wonosalam.

Dimakan di suasana dingin sekitar wisata makin mantap. Tapi kalian juga bisa bawa oleh-oleh jajanan ini buat keluarga di rumah lho, tinggal bungkus, hangatkan di rumah, kolak ketan durian siap dinikmati bersama.

Jenang Kelapa Muda

Dikenal dengan sebutan Jenang Ireng, jajanan tradisional khas Jombang ini cukup mudah dicari untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Baca juga:
Mencicipi Gurih Pedasnya Bekicot Rica-rica di Lamongan

Sensasi tiap gigitan jajanan ini bikin nagih karena bagian luar jenang ini terasa gurih disambut manis legit dan kenyal di dalamnya.

Biar makin menarik buat oleh-oleh, produsen UD Jenang Kelapa Muda tak hanya sedia Jenang Ireng saja loh, ada varian lebih banyak yang bisa kalian pilih-pilih nantinya.

Onde-onde Jombang

Onde-onde khas Jombang kali ini agak berbeda dengan lainnya, karena kacang merah yang dihaluskan jadi isian utama di dalamnya.

Memiliki tekstur gurih dibagian luar dan citarasa unik kacang merah, jajanan ini tentu sangat populer untuk oleh-oleh keluarga jika kalian sedang bepergian melewati Jombang.

Baca juga:
5 Resep Es Kekinian, Menyejukkan di Tengah Cuaca Panas Menyengat

Kalian bisa menemukan jajanan ini di sekitar stasiun kereta api atau dekat terminal bus Jombang dengan harga Rp10 ribuan per kotak.

Tahu Pong

Tahu Pong memang nggak ada isiannya alias Kopong. Namun jangan salah, sekali masuk mulut kalian bakal nagih nggak bisa berhenti deh.

Jajanan ini populer karena bisa dinikmati segala cara, mau dimakan langsung sambil ngelamun, sambil gigit cabai, sambil ngeteh atau ngopi, semua cocok! Apalagi rasa gurih dicocol saus petis auto jadi juaranya.

Buat kalian yang mau bawa pulang untuk oleh-oleh. Jajanan khas Jombang ini bisa kalian temui di area sekitaran Alun-alun Jombang.