jatimnow.com
Menteri Susi Jadi Warga Kehormatan Dayak Bernama Dao Mening

Menteri Susi diacara Musyawarah Besar Kerukunan Tebengang Lung

jatimnow.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kini memiliki gelar baru 'Dao Mening'. Gelar yang berarti matahari cerah dan memiliki hati yang bersih ini diberikan oleh Suku Dayak Kenyah Kerukunan Tebengang Lung, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Senin (23/8/2018) lalu.

Penyematan gelar Menteri 'Dao Mening' Susi ini dilakukan langsung oleh Dewan Pembina dan Pimpinan Kerukunan Dayak Tebengang Lung. Dewan Pembina Kerukunan Tebengang Lung Martin Bila mengatakan, ia diangkat menjadi warga adat Dayak karena kecintaannya terhadap suku asli Kalimantan tersebut.

Apalagi, selama ini Susi berusaha membangun perekonomian kelautan di pedalaman hingga menyentuh Suku Dayak di pedalaman. Selain perhatiannya terhadap Suku Dayak Pedalaman, satu hal yang memantik perhatian warga Suku Dayak adalah pada saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke 73 RI di Istana Merdeka.

Saat itu, Menteri Susi mengenakan baju adat Dayak pada saat menghadiri seremoni upacara tersebut. "Kami beri nama Dao Mening. Hati dan jiwanya sungguh-sungguh nasionalis. Beliau bekerja hingga ke pedalaman dan menyentuh Suku Dayak Kalimantan," ujarnya.

Martin menyebut, pengangkatan Susi bersamaan dengan perayaan Musyawarah Besar Kerukunan Tebengang Lung. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan warga adat Dayak Kenyah dari dua negara, Indonesia dan Malaysia, di Gedung Convention Hall Samarinda.

Dengan pelantikan ini Menteri Susi pun didaulat resmi menjadi warga adat Dayak Kenyah asli Kalimantan.

Penulis/Editor: Erwin Yohanes

 

Loading...

 

Berita Terkait