jatimnow.com

Rencana Aksi #2019GantiPresiden di Surabaya, Polisi Tak Keluarkan Izin

Reporter : Erwin Yohanes
Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera 🔍
Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera

jatimnow.com - Rencana akan digelar aksi #2019GantiPresiden di Kota Surabaya pada Minggu (26/8/2018). Namun, pihak kepolisian tidak mengeluarkan surat izin keramaian terhadap aksi tersebut.

"Surat tanda pemberitahuan sudah kita terima," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera, Jumat (24/8/2018).

Meski telah menerima STP (surat tanda pemberitahuan) dari peserta aksi, pihak kepolisian kata Barung, pihak kepolisian tidak akan memberikan izin keramaian.

Alasannya, ada beberapa faktor pertimbangan polisi tidak mengeluarkan izin diantaranya, ingin menjaga kondusifitas Kota Surabaya.

Loading...

"Kita tidak memberikan izin keramaian, karena kami ingin menjaga kondusifitas keamanan," ujarnya.

Dengan tidak adanya izin keramaian, polisi berharap agar kelompok yang akan menyampaikan pendapat di muka umum dengan tema #2019GantiPresiden, mentaati aturan.

"Kalau tetap dilakukan, berarti ada konsekuensi hukum yang harus ditegakkan. Bisa dilakukan dengan preemtif maupun represif," jelasnya.

Dari informasi yang beredar di media sosial, diperkirakan ada kelompok massa yang akan menggelar aksi #2019GantiPresiden di sekitar Tugu Pahlawan, pada Minggu (26/8/2018).

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Erwin Yohanes

Loading...