Pixel Code jatimnow.com

Musik Noise Ubah Gelombang Non Material jadi Energi Materialistik

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Ahaddiini HM
Ageng Luky Prasetyo Aji saat perform musik noise karya ciptanya. (Ageng Luky Prasetyo Aji  for jatimnow.com)
Ageng Luky Prasetyo Aji saat perform musik noise karya ciptanya. (Ageng Luky Prasetyo Aji for jatimnow.com)

jatimnow.com - Musik noise atau musik bising berisik adalah genre musik yang dicirikan oleh penggunaan bunyi ekspresif dalam konteksnya. Genre musik ini cenderung menantang perbedaan yang dibuat dalam praktik musik konvensional yang mengaburkan batas antara suara musik dan non-musik.

Ageng Luky Prasetyo Aji (25), seniman penggiat musik noise menjelaskan awal muasal terciptanya sebuah karya musik noise dari tangannya.

"Sejak 2017, waktu awal masuk kuliah, saya merasa musik noise tidak jauh dari kehidupan sehari - hari kita, suara-suara noise seperti suara motor, suara pabrik, suara tetangga bercengkrama, suara pacar yang cerewet, suara air terjun, suara kran air, dan sebagainya. Hal-hal itulah kemudian menjadi inspirasi saya untuk turut menciptakan karya dari suara noise," jelasnya, Rabu (26/7/2023).

Luky, alumni Fakultas Sastra Jurusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Malang memaparkan, untuk menciptakan sebuah karya musik noise, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan menyelami musik noise terlebih dahulu.

"Menumbuhkembangkan rasa kecintaan dan kekaguman agar tercipta kemauan yang berlanjut pada kreatifitas penciptaan," tuturnya.

Baca juga:
Anugerah Musik Banyuwangi, Cara Bupati Ipuk Ajak Anak Muda Cintai Budaya Daerah

Luky mengartikan musik noise adalah sebagai media komunikasi antar penggemar, selain itu adalah sebagai sarana merubah gelombang non material menjadi energi material ataupun gelombang tak kasat mata menjadi energi materialistik.

Luky juga memaparkan mengenai proses pembuatan musik noise.

"Proses pembuatannya di awali dengan mencari referensi jenis dan suara yang kita inginkan, kemudian menetapkan skematik alat serta menyiapkan komponen dengan merakit benda elektronik yang dipersiapkan secara teliti. Setelah proses usai, maka musik noise siap untuk ditampilkan," pungkasnya.

Baca juga:
PamlaX Masuk Dapur Rekaman di Sidoarjo, Musisi Belia Asal Surabaya

Sudah ribuan musik noise yang diciptakan oleh Luky. Tidak hanya itu saja, beberapa wilayah seperti Malang, Surabaya dan lainnya juga telah disinggahi sebagai tempat unjuk karya musik noisenya.

Luky berharap, tidak dipandang sebelah matanya musik noise di masyarakat luas karena berbeda dari musik konvensional pada umumnya. Namun dapat diterimanya, musik noise sebagai karya yang mempunyai manfaat mengenai keanekaragaman jenis musik dari perkembangan jaman dan teknologi yang semakin mutakhir dalam bidang kesenian.