Pixel Codejatimnow.com

Stok Darah Golongan O Menipis di PMI Surabaya, Ayo Donor Rek...

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Haryo Agus
Ilustrasi. (Foto: PMI Surabaya for jatimnow.com)
Ilustrasi. (Foto: PMI Surabaya for jatimnow.com)

jatimnow.com - Stok darah golongan O di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya menipis. Stok untuk golongan darah O hanya tersisa 10 kantong, Selasa (2/8/2023).

Stok darah di UTD PMI Surabaya sekitar 800 kantong untuk semua golongan. Golongan darah terbanyak ada di golongan darah B sekitar 400 kantong. Sedangkan, paling sedikit golongan darah O hanya 10 kantong.

Kepala Bagian Humas UTD PMI Surabaya, dr. Wandai mengatakan permintaan untuk golongan darah O meningkat pada satu bulan terakhir. Banyak rumah sakit yang membutuhkan transfusi golongan darah O.

"Memang ini pas kebetulan satu bulan terakhir ini itu permintaan golongan darah O sedang meningkat. Untuk donornya pun sebetulnya kalau di lihat normal tapi memang kita tidak tahu ya kenapa permintaan dari rumah sakit itu kebanyakan golongan O. Jadi ini permintaan dengan donornya tidak seimbang," jelas Wandai saat ditemui di kantor UTD PMI Surabaya.

Wandai mengatakan jumlah pendonor tidak ada penurunan. Jumlah pendonor di kantor UTD PMI Surabaya mencapai 300 pendonor per hari di semua golongan.

Baca juga:
Pelindo dan UDD PMI Surabaya Gelar Donor Darah Gratis, Diikuti 88 Karyawan

"Dari jumlahnya tanpa melihat golongan darah itu stabil. Per hari sekitar 300 pendonor di semua golongan," ungkapnya.

Ia berharap masyarakat yang memiliki golongan darah O bisa mendonorkan darahnya di UTD PMI Surabaya untuk memenuhi permintaan yang sedang meningkat.

Baca juga:
PMI Lamongan Siapkan Layanan Donor Darah Malam, Jaga Stok Selama Ramadan

"Jadi kami mengimbau kepada masyarakat kalau memang sudah waktunya donor atau mungkin belum pernah mendonor. Silakan datang ke PMI surabaya untuk mendonorkan darahnya," pungkasnya.

Jika ingin mendonor darah bisa langsung ke kantor UTD PMI Surabaya, Taman Bungkul, dan BG Junction.