Pixel Codejatimnow.com

Pendaki Gunung Lemongan Alami Hipotermia, Beruntung TRC BPBD Lumajang Gercep

Editor : Zaki Zubaidi  
Fatoni saat mendapat perawatan setelah mengalami hipotermia. (Foto: Kominfo Lumajang)
Fatoni saat mendapat perawatan setelah mengalami hipotermia. (Foto: Kominfo Lumajang)

jatimnow.com - Satu pendaki Gunung Lemongan di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang mengalami hipotermia. Kondisi ini mengancam jiwa Shohibbul Fatoni (21) warga Probolinggo yang mendaki bersama 7 orang temannya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lumajang yang mendapatkan laporan segera melakukan upaya pertolongan. Menerjunkan satu tim evakuasi yang juga melibatkan Dinas Kesehatan, P2A KB Kabupaten Lumajang dan dan relawan.

Kepala Bidang Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kabupaten Lumajang, Reza Aditya mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan bahwa korban mengalami hipotermia atau kedinginan dari Tagana Probolinggo. Korban mendaki bersama 7 temannya pada Minggu, (31/7/2023).

"Shohibbul Fatoni menelepon ayahnya, Hartono, bahwa dirinya mengalami hipo (kedinginan) dan tidak melanjutkan perjalanan untuk turun dan meminta untuk menghubungi tim penolong yang ada di Kabupaten Lumajang. Hartono melaporkan kejadian ini kepada Tagana Probolinggo dan meneruskan kepada Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang," kata dia, dillansir laman resmi Pemkab Lumajang, Rabu (2/8/2023).

Tidak membutuhkan waktu lama, lanjut Reza, tim 1 evakuasi segera melakukan penjemputan terhadap korban. Disusul dengan tim 2.

Baca juga:
Pj Gubernur Adhy Resmikan Tanggul Sungai Mujur dan Jembatan Kloposawit

"Tim sudah mengevakuasi korban, korban dievakuasi dalam kondisi lemas," ujarnya.

Selanjutnya, korban ditangani oleh tim medis untuk dilakukan check up dan penanganan medis di atas Pos 2 pendakian Gunung Lemongan.

Baca juga:
Usai Evakuasi 1 Korban Longsor Pronojiwo Lumajang, Pencarian Dilanjut Besok

Korban selanjutnya dibawa menuju Puskemas Klakah mengggunakan ambulans PSC 118 untuk dilakukan penanganan medis lebih lanjut.