Pixel Codejatimnow.com

Mas Dhito Minta Minimarket Sediakan Ruang Produk UMKM Kabupaten Kediri

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito melihat produk UMKM Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mas Dhito melihat produk UMKM Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana terus memberikan perhatiannya pada perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain pelatihan, pihaknya bakal menggandeng supermarket atau minimarket untuk membantu memasarkan produk mereka

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Tutik Purwaningsih, telah menyurati pihak minimarket yang ada di Kabupaten Kediri. Sesuai arahan Mas Dhito, pihaknya juga akan mempertemukan minimarket dengan para UMKM.

"Kita nantinya juga akan undang dan pertemukan pihak minimarket dengan UMKM," katanya, Selasa (8/8/2023).

Setelah pertemuan dan terdapat komitmen antara pihak minimarket dengan pelaku UMKM, lanjut Tutik, dalam jangka pendek diharapkan minimarket harus dapat memasarkan produk UMKM sekitar.

Seperti harapan Mas Dhito agar minimarket menyediakan stand untuk UMKM sekaligus mengingatkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2021 yang mewajibkan pusat pembelanjaan dan toko swalayan menyediakan ruang usaha/promosi untuk UMKM.

"Untuk jangka menengah dan panjang, produk UMKM bisa masuk minimarket di semua wilayah Kabupaten," tuturnya.

Menurut Tutik, selama kepemimpinan Mas Dhito, pelaku UMKM mendapatkan perhatian serius. Termasuk pada fasilitasi perijinan dan mengikutkan produk UMKM dalam kurasi.

Dinas Perdagangan dalam hal ini bekerjasama dengan instansi lain termasuk Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Kopusmik) Kabupaten Kediri.

Baca juga:
Ziarah ke Makam Bung Karno, Mas Dhito: Kita Teruskan Api Perjuangan Beliau

"Saat ini kita juga perlu siapkan UMKM-nya memastikan kualitas dan kontinuitas produk," ungkapnya.

Menjaga kualitas dan kontinuitas ini penting supaya produk yang dijual nantinya dapat bertahan dan diterima di pasaran. Pelaku UMKM dituntut supaya produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Disisi lain, pelaku UMKM juga memiliki komitmen terhadap penyediaan produk ketika nantinya sudah masuk ke minimarket. Penjaminan keberlangsungan pasokan ini perlu diperhatikan para pelaku UMKM.

Sebagaimana diketahui, di Kabupaten Kediri ada ribuan pelaku UMKM. Untuk membantu pemasaran, pemerintah daerah pun kerap menggandeng pelaku UMKM dalam setiap event yang diadakan.

Baca juga:
Mas Dhito Dorong Petani Kediri Miliki Banyak Keterampilan

Dengan menggandeng UMKM dalam event yang diadakan pemerintah daerah itu, Mas Dhito berharap produk yang dihasilkan pelaku UMKM dapat semakin dikenal luas publik.

Untuk memperluas jangkauan pasar, dalam acara Jumat Ngopi di Pendopo Panjalu Jayati pada 21 Juli 2023, Mas Dhito menyampaikan komitmennya untuk mengupayakan supaya produk UMKM bisa masuk minimarket.

"Kita akan bantu kalau bisa masuk supermarket. Kita minta pemilik untuk memberikan stand UMKM, mereka harus menyediakan spot untuk UMKM kabupaten," tutur Mas Dhito kala itu.