Pixel Code jatimnow.com

Meriahnya Serenade Reog Obyog Rayakan HUT Ke-527 Ponorogo

Editor : Redaksi   Reporter : Advertorial Ahmad Fauzani
Bupati Sugiri Sancoko saat menyerahkan penghargaan. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Bupati Sugiri Sancoko saat menyerahkan penghargaan. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Peringatan HUT ke-527 Kabupaten Ponorogo berlangsung meriah. Alun-alun kebanggaan warga Bumi Reog dipadati masyarakat dan ratusan pengisi acara Serenade Reog Obyog, salah satunya ratusan grup Reog, Kamis (10/8).

Tampilan grup Reog berhasil memukau ribuan warga yang berkumpul di lokasi acara sejak sore. 320 penari Dada Merak, Jathilan, Bujang Ganong, turut terlibat menyemarakkan gelaran hari ini.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang berada di antara para penampil terlihat sesekali ikut menari. Ia menyatu bersama warga yang bangga dengan perayaan hari jadi daerahnya.

"Pertama ini ada dua sendratari besar. Ada Reog festival kami tampilkan Grebeg Suro. Dan juga ada Reog Obyog waktu hari jadi ini," ujar Sugiri Sancoko.

Reog Obyog dijelaskan Sugiri sebagai bentuk evolusi dari tarian Reog, yang melibatkan penari Jathil, Pembarong, dan pemain musik.

Ratusan Grup Meriahkan Serenade Reog Obyog dalam Perayaan HUT Kabupaten Ponorogo ke-527. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)Ratusan Grup Meriahkan Serenade Reog Obyog dalam Perayaan HUT Kabupaten Ponorogo ke-527. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

Baca juga:
Kang Giri Berkolaborasi bareng Ariel dan Konser Kidung Rumekso Ing Wengi di HUT Ponorogo

Kang Giri, sapaannya, sengaja melibatkan banyak seniman sebagai wujud komitmen Pemkab Ponorogo dalam melestarikan budaya.

"Kami wadahi Reog festival dan Reog Obyog. Menandakan satu, Reog adalah Ponorogo,” tegasnya.

Masih kata Kang Giri, Reog Ponorogo memiliki peran penting dalam mempersatukan masyarakat dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi serta perbaikan peradaban.

Baca juga:
Konser Noah HUT Ponorogo, Ini Rekayasa Lalu Lintas Sekitar Alun-alun

Dengan antusiasme yang luar biasa dari warga yang turut serta dalam perayaan ini, lanjutnya, diharapkan memperkuat warisan budaya dan munculnya rasa membangun daerah. Kabupaten Ponorogo juga dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan peradaban yang lebih maju.

"Melalui Reog, kami membangun Ponorogo," tutup Kang Giri.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.