jatimnow.com

Aksi Pro Kontra #2019GantiPresiden Bubar, Lalu Lintas Kembali Normal

Editor : Arif Ardianto Reporter : Arry Saputra
Arus lalu lintas di Jalan Pahlawan Surabaya 🔍
Arus lalu lintas di Jalan Pahlawan Surabaya

jatimnow.com - Sejumlah lokasi yang semula dipadati akri pro kontra deklarasi #2019GantiPresiden kini kembali normal. Arus lalu lintas kembali lancar.

Tiga titik yang menjadi konsentrasi massa pro kontra diantaranya, sekitar Monumen Tugu Pahlawan, Jalan Indrapura, serta Jalan Tunjungan (depan Hotel Majapahit).

Massa membubarkan diri masing-masing setelah bernegosiasi dengan pihak polisi dan kedua belah pihak. Aksi pro kontra deklarasi #2019GantiPresiden ini berlangsung sekitar 5 jam.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan, pihaknya sudah mengimbau bahwa Surabaya ini harus aman, Surabaya harus kondusif dan sudah menjadi tugas tanggungjawab kepolisian.

"Kita akan menegakkan aturan-aturan yang berlaku, jadi siapa saja boleh menyampaikan pendapat, tapi di undang-undang sudah diatur pengecualian-pengecualian aturan-aturan masalah itu. Tapi alhamdulillah ya semua sudah selesai, kedua belah pihak membubarkan diri dan situasi surabaya sekarang berjalan normal," terang Rudi kepada wartawan, Minggu (26/8/2018).

Sementara untuk kerusuhan, Rudi mengatakan bahwa belum menerima laporan dari masing-masing wilayah, kapolsek maupun dari teman-teman penegak hukum. Untuk antisipasi aksi susulan ia menyampaikan kembali kepada siapa saja warga negara Indonesia untuk menyampaikan pendapatnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Siapa saja warga negara indonesia boleh menyampaikan pendapat, melakukan kegiatan itu semua boleh karena sudah diatur di dalam undang undang. Begitu juga polisi, polisi juga sudah diatur juga bagaimana mengeluarkan izin. Kalau tidak mengganggu ketertiban umum, tidak melanggar norma-norma etika tidak mengganggu hak asasi hak orang lain ya nggak apa-apa," ujarnya.

Loading...



Rudi mengimbau kepada semua pihak apapun pilihannya, apapun aspirasi politiknya silahkan bersuara sesuai dengan ketentuan. Dorong untuk surabaya menjadi aman.

"Mari kita jogo Suroboyo, kami akan melakukan tahapan-tahapan polisi itu harus bagaimana, kita mengedepankan negosiasi. Tapi semua kita sudah negosiasi untuk sepakat kedua belah pihak membubarkan diri. Saya sudah sampaikan ke semua anggota bahwa kita akan jaga Surabaya agar surabaya tetap aman," tegasnya.

Reporter: Arry Saputra
Foto: Reyhan Sinatrya
Editor: Arif Ardianto