Pixel Code jatimnow.com

Rekam Jejak Calon Pj Bupati Jombang Usulan Khofifah, Ada Pengasuh Pondok Pesantren

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Yanuar Dedy
Ilustrasi (Rangga/jatimnow.com)
Ilustrasi (Rangga/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Jombang Mundjidah Wahab bakal segera mengakhiri jabatannya, pada 24-25 September 2023. Sebagai gantinya, akan ada seorang penjabat (Pj).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mengusulkan tiga nama kepada Kemendagri untuk menggantikan Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Nama tersebut Asisten Administrasi Umum Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemerintah Provinsi Jawa Timur Akh. Jazuli, Sekretaris DPRD Provinsi Jatim Andik Fadjar Tjahjono dan Yanuar Rachmadi Kepala Biro Umum Setdaprov Jatim.

1. Akh. Jazuli

Akh. Jazuli resmi dilantik sebagai Asisten Administrasi Umum Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu (19/11/2022) sore. Khofifah melantiknya bersama 18 pejabat lain sebagai penyegaran roda organisasi.

Pria kelahiran 5 Juli 1965 itu juga merupakan Pengasuh Pondok Pesantren (PP) Al-Amin dan Al-Khodijah Mojokerto.

Penunjukkan Akh. Jazuli sebagai calon Pj Bupati Jombang ini bukan tanpa alasan, sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang. Tentu dia sudah cukup memahami bagaimana Kota Santri tersebut.

2. Andik Fadjar Tjahjono

Baca juga:
2 Pj Bupati Jatim Mundur dari Jabatan, Pilih Maju Pilkada 2024

Andik Fadjar Thahjono merupakan Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Jawa Timur. Dia dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parwansa pada 19 Desember 2019.

Awal tahun 2021, Andik Fadjar Tjahjono berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Sosial pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga, dan diwisuda melalui daring oleh Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih SE., M.T., Ak dari Kantor Rektor Universitas Airlangga, tepatnya pada Sabtu 26 Februari 2021.

Dalam desertasinya, Ketua Alumni FISIP Unair ini mengambil judul “Relasi Antara Koperasi Serba Usaha Setia Budi Wanita dengan Pemerintah Pada Periode Tahun 2009 – 2019” suatu studi tentang respon suatu sektor usaha terhadap kebijakan publik. Promotornya Prof.Dr. Musta’in, Drs. M.Si,

Untuk Program S-1 nya Andik menempuh pendidikan di Fisip Unair jurusan ilmu politik dan berhasil lulus tahun 1985. Kemudian melanjutkan S2 di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan lulus tahun 1996 Magister Administrasi Publik.

Baca juga:
Pj Bupati Pasuruan: Tak Hanya Pengetahuan, Guru juga Harus Kuasai Teknologi

3. Yanuar Rachmadi

Nama terakhir adalah Yanuar Rachmadi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Umum Setdaprov Jatim. Dia dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah bersama 12 pejabat eselon II lainnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (7/2/2020).

Sebelumnya dia lama di BPBD Jawa Timur, terakhir menjabat sebagai Plt Kalaksa BPBD berdasar Surat Perintah Gubernur Jatim nomor 821.2/9420/204.4/2020 tertanggal 1 September 2020.