Pixel Code jatimnow.com

Harga Tiket Museum dan Galeri SBY-Ani di Pacitan, Dibuka Mulai Hari Ini

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ni'am Kurniawan Ahmad Fauzani
Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono membuka museum dan galeri SBY Ani. (Foto: Humas Demokrat)
Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono membuka museum dan galeri SBY Ani. (Foto: Humas Demokrat)

jatimnow.com - Museum dan Galeri SBY Ani resmi dibuka pada Kamis (17/8/2023) malam. Serta dibuka untuk umum mulai Jumat 18 Agustus 2023, mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk (HTM) bervariasi.

Untuk warga Pacitan cukup hanya membayar Rp25 ribu sekali masuk, sedangkan untuk wisatawan lokal luar Pacitan dikenakan harga Rp50 ribu, serta HTM untuk wisatawan mancanegara adalah Rp100 ribu.

Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono membuka museum dan galeri itu didampingi putra-putrinya, Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Pohan Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Aliya Rajasa Yudhoyono.

Acara peresmian digelar di halaman depan Museum dan Galeri SBY-Ani yang asri, di bawah langit Pacitan yang cerah dan udara yang sejuk. Museum dan Galeri ini dipersembahkan SBY untuk rakyat Indonesia, terutama generasi muda penerus bangsa.

SBY mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir malam itu, yang datang dari Jakarta, dan daerah-daerah lain di Indonesia.

"Semoga ini membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua, masyarakat Pacitan, masyarakat Jawa Timur, dan masyarakat Indonesia," kata SBY.

"Diresmikan hari ini, tanggal 17 Agustus 2023, karena hari ini adalah hari yang bersejarah, hari kemerdekaan Republik Indonesia. Museum ini menjadi bagian dari perjalanan bangsa kita ke arah yang lebih baik," SBY menjelaskan.

Baca juga:
Musik Kontemporer Selendang Biru Tak Pernah Usai Bikin Kagum Warga Pacitan

Museum dan galeri ini menurut SBY, bisa menembus dimensi waktu, masa lalu, masa kini, dan masa depan.

“Belajar dari masa lalu, hidup di masa kini, dan membangun harapan untuk masa depan,” lanjutnya.

SBY berharap dengan hadirnya museum ini bisa menginspirasi generasi muda.

“Untuk meraih cita cita besar, tidak ada jalan yang lunak, tidak ada resep ajaib. Tapi dengan pilihan prinsip dan jalan yang benar, selalu ada jalan dan solusi,” jelas SBY.

Baca juga:
Emil Dardak Sebut Museum dan Galeri SBY Ani Bisa Dorong PAD Pacitan

Selain menampilkan cerita masa muda SBY di Pacitan dan pengabdiannya sebagai abdi negara, museum ini juga memiliki Galeri Seni Ani Yudhoyono yang memajang koleksi seni SBY dan Ani.

“Sebagian besar adalah karya seniman-seniman Indonesia. Ada juga lukisan saya, serta fotografi karya Ibu Ani. Kami punya cita-cita menjadi bagian dari seni budaya agar Indonesia semakin indah dan teduh. Hadirnya seni akan mendatangkan kedamaian, ketentraman, dan kerukunan antar sesama,” SBY menjelaskan.

Acara peresmian ditutup dengan tur keliling museum dua lantai ini. 

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.