Pixel Codejatimnow.com

Mas Dhito Dorong Semua Perajin Tahu di Desa Sendang Segera Urus Izin

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito saat mengunjungi Kampung Tahu di Desa Sendang. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mas Dhito saat mengunjungi Kampung Tahu di Desa Sendang. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengunjungi sentra tahu di Desa Sendang, Kecamatan Banyakan, Selasa (22/8/2023). Mas Dhito terus mendorong para perajin untuk segera mengurus perizinan menyusul deklarasi daerah tersebut sebagai kampung tahu.

Mas Dhito menyampaikan, sebelum pandemi covid-19 terdapat 100 perajin tahu di Desa Sendang. Pada tahun 2023 ini tersisa 76 perajin yang masih bertahan. Dari jumlah itu, 57 telah mengantongi perizinan.

"Harapannya semuanya segera mengurus izin," katanya saat menghadiri Festival Kampung Tahu dan Bazar UMKM di Desa Sendang, pada Selasa (22/8/2023).

Adapun, festival kampung tahu dan bazar UMKM siang itu dalam rangka peringatan ulang tahun ke-4 Kampung Tahu. Terdapat 20.000 tahu yang disusun berbentuk tumpeng dibagikan kepada warga.

Mas Dhito yang ikut serta membagikan tahu kepada warga mengapresiasi kegiatan yang diadakan Desa Sendang tersebut. Melalui kegiatan seperti itu, akan terjadi perputaran ekonomi secara merata di tingkat desa.

Baca juga:
Ruko 2 Lantai dan Pom Mini di Kediri Terbakar

"Saya sangat mengapresiasi, Pemerintah Kabupaten Kediri memang hari ini (perayaan Kemerdekaan) tidak mengagendakan acara yang besar tapi kita lebih ingin supaya acara itu di desa-desa,"  bebernya.

Dalam festival kampung tahu itu, Mas Dhito juga menyerahkan secara simbolis sertifikat halal dan NIB kepada perajin tahu. Kemudian dilanjutkan melihat secara langsung produksi tahu di rumah Solikin, salah sorang perajin.

Sementara itu, Kepala Desa Sendang Ahmad Suhadi menyampaikan terimakasih kepada Mas Dhito yang telah memfasilitasi pelaku UMKM khususnya perajin tahu di desanya dalam hal pengurusan perizinan.

Baca juga:
Polisi Tetapkan Tersangka Penggelapan Uang Konser di Kediri, Modus Kontrak Palsu

Pihaknya mengimbau kepada para perajin tahu yang belum mengantongi perizinan untuk segera mengurus perizinan NIB maupun sertifikat halal. Melalui sertifikat halal itu konsumen akan semakin yakin dengan kualitas dan jaminan mutu tahu dari Desa Sendang.

"Bagi yang belum diharapkan secepatnya mengurus mumpung difasilitasi dan gratis," ucapnya.