Pixel Code jatimnow.com

Kurangi Polusi Udara, Pelindo Regional 3 Ajak Pegawainya Bike to Work

Editor : Zaki Zubaidi  
Bike to work. (Foto: Pelindo Regional 3)
Bike to work. (Foto: Pelindo Regional 3)

jatimnow.com - Polusi udara akibat bahan bakar transportasi berpotensi muncul di berbagai kota besar tidak terkecuali Surabaya. Mengantisipasi hal tersebut Pelindo Regional 3 mengadakan kampanye program Bike to Work.

Tak hanya mendorong gaya hidup sehat, program ini bertujuan untuk mengajak para pegawai mengurangi polusi udara dengan beralih menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi harian mereka.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, Program Bike To Work Pelindo Regional 3 dilakukan rutin setiap pekan sekali pada hari Rabu.

Kegiatan ini bermula dari kebiasan beberapa pegawai di lingkungan Pelindo yang memulai aktivitas kerja dengan bersepeda menuju kantor yang akhirnya diikuti oleh sejumlah pegawai lainnya.

Diperkirakan jumlah peserta Bike To Work Pelindo setiap pekannya terus bertambah Ardhy memprediksi ada lebih dari 100 pegawai yang rutin mengikuti program bike to work mulai dari kalangan staff hingga struktural.

Bahkan tak jarang kegiatan Bike To Work Pelindo juga di ikuti oleh stakeholder utama perusahaan seperti asosiasi, kepolisian, dan KSOP.

"Dengan menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi minimal 1 pekan sekali nanum rutin, harapan kami nantinya tidak hanya mengurangi polusi udara, tetapi juga meningkatkan kesehatan individu serta memitigasi kemacetan lalu lintas di kota," ujar Ardhy Wahyu Basuki.

Baca juga:
Pelindo Regional 3 Ajak Stakeholder Tingkatkan Budaya K3 di Lingkungan Pelabuhan

Rute bike to work sering berganti setiap pekannya tergantung pada perusahaan yang akan menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. Namun kegiatan bike to work ini dilakukan bersama-sama sejak pukul 06.00 - 07.00 WIB dengan jarak tempuh bersepeda minimal 15 Km.

Wilis Aji, salah satu perwakilan komunitas Bike To Work Pelindo sendiri mengaku, program ini sangat bermanfaat tidak hanya menambah kebugaran namun juga memperkuat silaturahmi antar pegawai Pelindo Regional 3 Group.

“Kami sadar jika rutinitas kami sebagai pekerja cukup padat setiap pekannya, program seperti ini sangat membantu para pegawai untuk tetap bisa menjaga kebugarannya diantara aktivitas yang cukup padat,” jelas Wilis.

Baca juga:
Pelindo dan UDD PMI Surabaya Gelar Donor Darah Gratis, Diikuti 88 Karyawan

Bike to Work Pelindo sendiri awal pertama di resmikan oleh perusahaan di tahun 2016 lalu. Pelindo Reg 3 mengajak semua pegawai dan warga atau stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam kampanye Bike to Work ini.

Dengan bersama-sama mengambil langkah kecil seperti ini, kita dapat menciptakan dampak besar dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup kita.