Pixel Codejatimnow.com

SEA Colab, Platform Penghubung Kolaborasi Akademisi, Institusi, dan Pemberi Sponsor se-Asia Tenggara

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Haryo Agus
Launching SEA Colab di Meeting Room Tower UINSA Surabaya, Kamis (24/08/2023). (Foto: Haryo Agus/jatimnow.com)
Launching SEA Colab di Meeting Room Tower UINSA Surabaya, Kamis (24/08/2023). (Foto: Haryo Agus/jatimnow.com)

jatimnow.com - Berbagai inovasi dilakukan lembaga pendidikan untuk memajukan dunia pendidikan. Seperti yang dilakukan Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dengan mendorong kolaborasi internasional di dunia pendidikan tinggi.

Upaya tersebut dilakukan UINSA, dengan membuat website bernama SEA Colab yang merupakan hasil kolaborasi antara salah satu dosen di fakultas Dakwah UINSA Surabaya dengan beberapa rekannya di Asia Tenggara, yang didukung Kedutaan Besar Amerika Serikat di Hanoi, Vietnam.

Project Manajer sekaligus co-Founder SEA Colab, Dr. Fikry Zahria Emeraldien, S.I.Kom, M.A menjelaskan bahwa SEA Colab merupakan website untuk menjembatani para dosen dan mahasiswa dengan lembaga pendidikan terkait dan pemberi sponsor lintas negara di Asia Tenggara.

"Sehingga nantinya kita pertemukan ke dalam website ini, jika para member ini butuh untuk kolaborasi bisa bertemu dalam platform tersebut," jelas Zahria usai acara launching SEA Colab, Kamis (24/08/2023).

Zahria menjelaskan program yang diunggulkan, bisa dijadikan kolaborasi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Jiika ingin menjadi dosen tamu di universitas lain, dia bisa memasang iklan di situ. Begitu pula sebaliknya, saya yang sebagai sekretaris prodi ingin ada dosen tamu untuk mengajar di sini, saya bisa mencari di situ," tuturnya.

Baca juga:
Mahasiswi UINSA Surabaya Tewas Dijambret saat Pulang Kerja, Dikenal Aktif Berorganisasi

Yang kedua adalah penelitian. Jika seorang mahasiswa atau dosen yang ingin melakukan penelitian bisa berkolaborasi dengan sea Colab. Ada fitur untuk mencari projek penelitian.

"Projek penelitian disini artinya kita bisa mendapatkan partner di sini, kita juga bisa mencari sponsor untuk penelitian kita," lanjutnya

Yang ketiga pengabdian kepada masyarakat. Jadi nanti misalnya ada perusahaan CSR atau ada dosen yang ingin melakukan pengabdian kepada masyarakat di desa tertentu, bisa mencari channel di SEA Colab.

Baca juga:
Mahasiswi UINSA Tewas usai Dijambret di Jalan Arjuna Surabaya

Zahria berharap SEA Colab mampu menjembatani antara akademisi dengan institusi pendidikan dan sponsor untuk menunjang kemajuan di dunia pendidikan.

"Harapan kami SEA Colab bisa mempertemukan ketiga stakeholder tadi, jadi edukator atau akademisi, host atau institusi pendidikan, dan sponsor," pungkasnya.

Dalam launching SEA Colab yang digelar di Meeting Room Tower UINSA Surabaya, Kamis (24/08/2023) ini, mengundang para mahasiswa, para dosen, dan para pimpinan perguruan tinggi dan juga perusahaan - perusahaan besar yang datang secara online.