Pixel Codejatimnow.com

125 Wisman Berkunjung ke Sumenep Hadiri Madura Culture Festival

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Kapal pesiar MV. National Geographic Orion yang membawa 125 wisatawan mancanegara. (Foto: Muhlis for jatimnow.com)
Kapal pesiar MV. National Geographic Orion yang membawa 125 wisatawan mancanegara. (Foto: Muhlis for jatimnow.com)

jatimnow.com - Acara Madura Culture Festival di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, berhasil merebut animo banyak pengunjung. Bukan hanya dari dalam negeri, wisatawan dari mancanegara (Wisman) juga berkunjung ke Sumenep.

Pagi ini, Jumat (25/8/2023), kapal pesiar MV. National Geographic Orion yang membawa 125 wisatawan mancanegara, mayoritas dari Eropa, bersandar di Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

"Kehadiran para wisatawan mancanegara, kebanyakan dari Eropa, bukan hanya untuk menyaksikan keindahan dan pesona Sumenep. Mereka juga berkunjung untuk menyaksikan Madura Culture Festival,” kata Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dalam keterangan tertulisnya.

Selayaknya masuk dalam tradisi keramahan Sumenep, kehadiran para wisatawan mancanegara itu pun disambut dengan kesenian khas tradisional begitu berlabuh di Pelabuhan Kalianget berupa musik Saronen dan Tari Paraban Sonte.

Baca juga:
Oknum Kepsek dan Guru Berselingkuh di Sumenep Diajukan Pemberhentian Sementara

Rombongan kemudian diarahkan menuju Keraton Sumenep. Di area keraton, beragam kegiatan yang menjadi rangkaian Madura Culture Festival telah dimulai sejak kemarin, Kamis (26/8), seperti pameran museum, keris dan akik, serta bonsai dan ukiran.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisbudporapar) Sumenep Mohammad Iksan menambahkan, rombongan turis juga disambut dengan kesenian Saronin, Jaran Serek (kuda menari), termasuk Tari Pecut yang menjadi ciri khas Sumenep.

Baca juga:
2 Kafe di Sumenep Jual Miras Tak Disanksi Pemkab, Alasannya Apa?

"Ada banyak kegiatan kesenian dan tradisi khas Sumenep yang menjadi bagian dari penyambutan para turis. Kehadiran turis dari Eropa ini melalui kapal pesiar biasa di Sumenep, sudah menjadi bagian dari trip wisata mereka,” kata Iksan.