Pixel Code jatimnow.com

Mantan Wartawan di Kediri Maju Pileg 2024, Dorong UMKM Berkembang melalui Promosi Kreatif

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Yanuar Dedy
Yacob Bastian (baju biru) bersama peserta mancing lele gratis di Wonojoyo Gurah. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Yacob Bastian (baju biru) bersama peserta mancing lele gratis di Wonojoyo Gurah. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Seorang mantan wartawan di Kediri maju sebagai calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Kediri. Berbekal pengalamannya di industri media, Yacob Bastian ingin mendorong para pelaku UMKM untuk berkembang melalui promosi kreatif.

Yacob Bastian, maju melalui Partai NasDem. Dia akan bersaing di Dapil 1 Kabupaten Kediri, meliputi Gurah, Pagu, Ngasem, Gampengrejo, Papar dan Kayen Kidul.

Sejauh ini, Yacob yang terjun di dunia wartawan sejak 2004 dan hingga saat ini masih aktif sebagai pengelola program salah satu televisi lokal di Kediri, melihat bahwa UMKM di Bumi Panjalu ini sangat berkualitas. Beberapa mampu ekspor, namun masih banyak mereka yang hanya berkutat di pasar lokal.

“Ada banyak yang menarik di Kabupaten Kediri, batik, tas anyaman plastik dan bambu di Kayen Kidul itu sudah ekspor. Tapi lainnya masih banyak, ada ampok instan, kerupuk jagung, macem-macem,” kata Yacob Bastian, saat menggelar acara mancing lele bareng bersama warga di Dusun Ngrancangan, Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Sabtu (26/8/2023) sore.

“Ada juga produk jaranan yang ini jika kita maksimalkan dari segi pemasarannya secara digital, pasti lebih bisa bersaing. Saya yakin mereka mampu, kita akan terus dorong,” tambahnya.

Yacob Bastian juga ingin mewujudkan ketahanan pangan dan pemenuhan gizi yang cukup di Kediri. Acara mancing lele gratis yang juga sebagai hiburan warga dalam merayakan HUT Kemerdekaan ke-78 RI ini menjadi salah satu upaya awal mewujudkan hal tersebut.

Seperti diketahui, lele menjadi salah satu ikan dengan protein tinggi yang mampu mencegah stunting, program yang saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah baik daerah maupan nasional.

Baca juga:
Sabrina, Siswi Pasuruan Sabet Gelar The Best Inspiratif Puteri Kebaya Indonesia

“Ketahanan pangan juga menjadi perhatian kita ya, terlebih di tengah ancaman badai El Nino, di beberapa wilayah juga kekeringan dan sebagainya. Jadi ini upaya kita sebagai pribadi maupun nanti lembaga untuk mengedepankan ketahanan pangan,” terang Yacob.

“Ini lele kan juga baik untuk stunting, sesuai program pemerintah nasional dan daerah juga,” tambahnya.

Tak berhenti di sini, ia akan menggelar acara serupa di beberapa wilayah. Masyarakat sendiri cukup antusias dengan program ini. Ada sekitar 200 peserta turut meramaikan acara tersebut.

Baca juga:
Polisi di Jember Sukses Budidaya Anggur Eropa, Setahun Beromzet Puluhan Juta

Banyak dari mereka yang bersyukur dengan tangkapan ikan hari ini. Total Yacob melepas 1,5 kuintal lele di saluran irigasi sepanjang 200 meteran tersebut.

“Alhamdulillah bisa buat pesta malam Minggu dan buat sarapan besok,” kelakar Khrisna.

“Full senyum, sarapan lele seminggu,” celetuk Febri yang lagi-lagi berhasil mendapatkan tangkapan.