Pixel Codejatimnow.com

Program Petrokimia Gresik Inspiration Day Siapkan Pelajar Unggulan Masa Depan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Sahlul Fahmi
Acara Petrokimia Gresik Inspiration Day di Smansa Gresik (Foto-foto: Humas PT Petrokimia Gresik)
Acara Petrokimia Gresik Inspiration Day di Smansa Gresik (Foto-foto: Humas PT Petrokimia Gresik)

jatimnow.com - Petrokimia Gresik melaksanakan program "Petrokimia Gresik Inspiration Day". Ini dalam rangka turut aktif mempersiapkan generasi unggul penerus bangsa dalam menghadapi persaingan SDM di masa depan.

Kegiatan dilaksanakan di tiga SMA sekitar perusahaan, salah satunya di SMA Negeri 1 Gresik, Senin (28/8/2023). Dukungan juga diberikan melalui dana pembinaan senilai total Rp45 juta.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan bahwa, "Petrokimia Gresik Inspiration Day" merupakan bagian dari program "Petrokimia Gresik Mengajar" yang telah dijalankan tiap tahun di beberapa sekolah di Gresik.

Melalui program ini, Petrokimia Gresik ingin memotivasi pelajar SMA di sekitar perusahaan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif di masa mendatang.

"Usia SMA adalah tahapan bagi seseorang untuk mempersiapkan diri dengan matang dalam menggapai mimpinya. Kehadiran Insan Petrokimia Gresik di tengah-tengah mereka adalah untuk memotivasi pelajar SMA dalam membangun kualitas diri untuk mendukung dalam pencapaian cita-cita mereka," ujar Dwi Satriyo.

Adapun SMA/SMK yang tahun ini mendapat kesempatan "Petrokimia Gresik Inspiration Day" yaitu SMA Negeri 1 Manyar yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2023, kemudian SMK Negeri 1 Cerme tanggal 24 Agustus 2023, dan SMA Negeri 1 Gresik kemarin.

Baca juga:
Inovasi Petrokimia Gresik 2024 Ciptakan Nilai Tambah Hingga Rp381 Miliar

"Motivasi merupakan bagian dari pendidikan, dan pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab bagi sekolah maupun guru, tapi semua pihak, termasuk Petrokimia Gresik yang merupakan bagian dari BUMN dan memiliki tugas sebagai agen pembangunan," tandasnya.

Dalam program tersebut, Petrokimia Gresik juga menyalurkan dana pembinaan senilai Rp15 juta untuk masing-masing sekolah. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari HUT ke-51 Petrokimia Gresik.

Sementara itu, Program Petrokimia Gresik Mengajar ini telah dimulai sejak sebelum pandemi Covid-19 tahun 2019, dimana saat itu dikemas dalam program “Petrokimia Gresik Milenial Mengajar” dengan sasaran Sekolah Dasar (SD) yang ada di Pulau Bawean. Program berikutnya "Petrokimia Gresik Mengajar" dilaksanakan di tahun 2022 untuk 10 SD sekitar perusahaan.

Dwi Satriyo menambahkan, Petrokimia Gresik Mengajar ini tidak hanya untuk meningkatkan derajat pendidikan di Gresik, tapi juga menjadi media belajar kepemimpinan dan kesadaran sosial bagi Insan Petrokimia Gresik yang didominasi generasi Milenial, sehingga dalam menjalankan operasional bisnis perusahaan juga memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan.

Baca juga:
Petrokimia Gresik bareng Pupuk Indonesia Sosialisasikan Alokasi Pupuk Bersubsidi

"Petrokimia Gresik selalu berkomitmen untuk tumbuh dan menjadi berkah bagi masyarakat. Petrokimia Gresik Mengajar ini adalah salah satu media bagi kami untuk menanamkan komitmen tersebut kepada generasi penerus perusahaan sejak awal, sehingga manfaat yang diberikan perusahaan semakin besar lagi di masa-masa yang akan datang,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas SMA Negeri 1 Gresik, Abdul Mukti mengapresiasi program "Petrokimia Gresik Mengajar" yang diselenggarakan perusahaan. Kegiatan ini menjadi hal baru bagi anak didiknya, sehingga mereka mendapatkan wawasan baru tentang persaingan.

"Mereka enjoy selama kegiatan berlangsung. Kami berharap program ini terus berlanjut dan dengan sasaran yang semakin berkualitas," tandasnya.