Lagi, 2 Jemaah Haji Asal Banyuwangi Meninggal di Tanah Suci

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Proses ibadah haji di Mekah/Foto: Istimewa

jatimnow.com - Kabar duka kembali datang dari jemaah haji asal Banyuwangi. Dua hari berturut-turut, dua jemaah haji meninggal di tanah suci. Total sudah ada tiga jemaah haji Banyuwangi yang meninggal dunia hingga hari ini,Senin (27/8/2018).

Kusaini bin Ibrahim (65), jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 4 SUB (Surabaya) meninggal di Mekah pada Minggu (26/8/2018) pukul 19.30 waktu setempat.

Jemaah haji asal Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu, tersebut menghembuskan nafas terakhir di Hotel Dar Ummul Quro Aal Zahabi di wilayah Mahbas Jin Mekah, tempat almarhum menginap.

Almarhum berangkat dari Tanah Air bersama istrinya, Salamah Binti Somorejo yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Mabrur Multazam pimpinan KH. Ruhin Huda. Sebelum dimakamkan, jenazah almarhum disalatkan di Masjidil Haram, seusai Salat Subuh, hari ini, Senin (27/8/2018).

"Almarhum dimakamkan di pemakaman Serea (Soraya) sekitar 20 kilometer utara Kota Mekah, atau searah 4 Km dari Masjid Ji’ronah (salah satu tempat miqod jamaah haji)," jelas KH Ruhin Huda, saat dihubungi via telepon selulernya, Senin (27/8/2018).

Almarhum sendiri telah mendapatkan perawatan intensif dari tim medis yang mendampingi jemaah setelah melakukan kegiatan Arofah, Mabid di Muzdalifah dan Mina (Armuzna) dengan kondisi cuaca yang sangat panas.

"(Cuaca panas) mengakibatkan almarhum kelelahan dan kesehatannya menurun," tambahnya.

Selain Kusairi, jemaah haji Banyuwangi lainnya, Miswan (70) bin Untung, kloter 4 embarkasi SUB juga meninggal dunia pada Sabtu (25/8/2018. Penyebabnya, diduga juga kelelahan dan penyakit jantung.

Pasca Armuzna, petugas media kloter terus memantau kondisi jemaah haji yang berada dalam tanggungjawabnya. Hal ini dilakukan mengingat kondisi jemaah yang sebagian besar sudah berusia lanjut.

"Butuh perhatian demi menjaga kesehatan dan keselamatannya," pungkasnya.

Reporter: Irul Hamdani
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter