Pixel Codejatimnow.com

DPC Partai Demokrat Pacitan Take Down Baliho Anies Baswedan di 172 Desa

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
DPC Partai Demokrat Pacitan Takedown Baliho Anies Baswedan (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
DPC Partai Demokrat Pacitan Takedown Baliho Anies Baswedan (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kekecewaan juga terjadi di kalangan DPC Partai Demokrat Pacitan. Kekecewaan ini muncul setelah Partai NasDem memilih Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, yang akrab disapa Cak Imin, sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) berpasangan dengan Anies Baswedan.

Tindakan protes ini mencakup penghilangan seluruh baliho dan alat peraga yang memiliki gambar Anies Baswedan di 172 desa di Kabupaten Pacitan. Bahkan gambar-gambar yang mencantumkan Anies Baswedan dalam media sosial milik Partai Demokrat juga dihapuskan.

Jalur-jalur utama seperti lintas selatan, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Pacitan-Solo kini tidak lagi menampilkan gambar Anies Baswedan dengan logo Partai Demokrat.

Yang tersisa hanyalah baliho bacaleg dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

“Ini buntut kekecewaan kami Partai Demokrat di Pacitan,” ujar Sekretaris DPC Partai Demokrat Pacitan, Arief Setya Budi, Jumat (1/9/2023),

Kekecewaan ini muncul akibat harapan bahwa Anies Baswedan akan menjadi Capres dari Partai Demokrat, yang diikuti dengan harapan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, akan dipilih sebagai Cawapres.

Baca juga:
Daftar Lewat Demokrat, Tekad Sugiri dan Lisdyarita Maju Lagi di Pilbup Ponorogo

Namun, kekecewaan muncul setelah pengumuman bahwa Anies Baswedan akan menjadi Cawapres bersama Cak Imin.

"Tentu kita dikejutkan berita kemarin Anies dan Surya Paloh menggandeng Cak Imin jadi Cawapres dalam pilpres. Kami putuskan semua yang ada gambar Anies, baik di media sosial maupun di jalan-jalan kami take down," kata Arief.

Menurutnya, keputusan sepihak ini dianggap sebagai pengkhianatan dalam dunia politik, mengingat bahwa kerjasama koalisi perubahan sudah lama berjalan.

Baca juga:
Dirham Akbar Daftar Bacawabup ke Demokrat Lamongan, Ambisi Dampingi Pak Yes?

“Kami merasa dikhianati oleh mas Anies. Mas Anies diberikan kewenangan Cawapres. Anies mengaku menjemput takdir untuk AHY dijadikan Cawapres," tambahnya.

Dengan keputusan ini, Partai Demokrat di Pacitan telah menyatakan bahwa mereka tidak mendukung Anies sebagai capres dan tetap mendukung AHY. Mereka juga menegaskan bahwa arah politik Partai Demokrat akan mereka ikuti.