Pixel Codejatimnow.com

Menengok Keindahan Kampung Tempe Kota Probolinggo

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Mahfud Hidayatullah
Keindahan lingkungan Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo. (Fofo: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)
Keindahan lingkungan Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo. (Fofo: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Warga Kampung Tempe di Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo tak hanya dikenal sebagak daerah penghasil tempe.

Namun kampung yang terletak di RT 2 dan 3 RW 2 itilu juga dikenal sebagai kampung yang guyub dan menjaga keindahan lingkungannya.

"Kami bersama warga setiap minggu sekali kompak kerja bakti untuk merawat dan mejaga keindahan dan kebersihan lingkungan di kampung ini," kata Penggerak Kampung Tempe, Rabudi, Minggu (3/9/2023).

Rebudi mengaku, kalau di daerahnya merupakan kampung dengan mayoritas warganya berprofesi memproduksi tempe. Sehingga untuk kebersihan sangat dijaga.

"Sehingga warga yang berkunjung ke sini menjadi nyaman dengan indahnya kampung," ujarnya.

Untuk di daerahnya warga yang memproduksi tempe sebanya 35 kepala keluarga. Dengan tingkat produksinya mencapai 3 kuintal lebih setiap harinya.

"Rata-rata perputaran omzet warga dari produksi tempe di kampung ini mencapai Rp25 juta per hari," jelasnya.

Hasil produksi tempe warga untuk mencukupi pasar di tiga daerah diantaranya Kota dan Kabupetan Probolinggo serta Lumajang.

Baca juga:
Gunung Batok di Kawasan Bromo Terbakar, Pemadaman Manual

"Kegiatan ini sudah menjadi usaha turun temurun sejak nenek moyang mereka,"  ungkapnya.

Bahkan untuk mendukung keindahan lingkungan warga juga membangun taman di pintung masuk kampung. 

"Selain dari swadaya warga juga dibantu dari corpoate social responbility (CSR) perusahan juga mensuport kegiatan peduli keindahan lingkungan," tandasnya.

Sementara itu, Direktur PT Berdikari Jaya Bersama (BJB) Probolinggo Yuwe  Santoso mengaku pihaknya terus mendukung bagi warga untuk kegiatan dalam menjaga keindahan lingkungannya.

Baca juga:
Beredar Foto Korban Begal di Probolinggo Lewat Medsos, Ini Klarifikasi Polres

"Salah satunya kami telah membantu untuk pembangunan taman di pintu masuk kampung tempe," katanya.

Selain itu tidak hanya membantu di bidang lingkungan saja. Namun PT BJB juga banyak mengeluarkan CSR-nya untuk bidang sosial, pendidikan dan juga keagamaan.

"Semoga bisa bermanfaat untuk warga sekitar dengan kehadiran perusahannnya," tegas Yuwe.