jatimnow.com

Atlet Pencak Silat Asal Ponorogo Sumbang Emas di Asian Games 2018

Editor : Arif Ardianto Reporter : Mita Kusuma
 Atlet Pencak Silat asal Ponorogo, Aji Bangkit Pamungkas/Foto: Istimewa 🔍
Atlet Pencak Silat asal Ponorogo, Aji Bangkit Pamungkas/Foto: Istimewa

jatimnow.com - Atlet Pencak Silat asal Ponorogo, Aji Bangkit Pamungkas berhasil menyumbangkan medali emas Indonesia pada perhelatan Asian Games 2018. Ini menjadi emas ke-16 Indonesia di Asian Games 2018.

Bangkit, sapaan akrab Aji Bangkit Pamungkas turun di nomor Tarung Putra Kelas I (85kg - 90kg) di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018). Bangkit meraih emas setelah menang 5-0 atas pesilat Singapura Sheik Ferdous Sheik Alauddin dalam partai perebutan medali emas.

"Saya bangga sekali. Bersyukur tidak bisa berkata-kata. Hanya bisa menangis haru di pinggir lapangan," kata Agus Widodo, ayah dari Aji Bangkit Pamungkas kepada jatimnow.com melalui telepon, Senin sore.

Menurutnya, ini merupakan perdana bisa melihat Bangkit. Padahal sebelumnya, dirinya tidak pernah melihat Bangkit bertanding.

Pasalnya, Bangkit selalu bertanding di luar negeri. "Pas Asian Games di Jakarta saya sempatkan nonton. Bersama dua kakaknya Bangkit dan istri saya," tambahnya.

Ia menjelaskan, mulai awal Bangkit bertanding di Asian Games sudah mendukungnya. Komunikasi dengan Bangkit pun hanya dari pinggir lapangan atau tribun.

"Paling Bangkit menghampiri sebentar. Setelah itu kembali berlaga atau berlatih. Setiap menghampiri selalu minta doa," tambahnya.

Ia pun sudah ada keyakinan bahwa anak nomor 3 itu bakal mendapat emas. Karena perasaannya yakin dan tenang setiap melihat Bangkit bertanding.

Kendati demikian, ia sempat berdebar-debar saat Bangkit bertanding final. Tapi perasaannya kemudian sirna ketika Bangkit mendapat poin pertama.

"Alhamdulillah bisa emas. Harapan saya Bangkit tidak sombong selalu bersyukur. Ini awal dari semuanya," pungkasnya.

Sekedar diketahui, tambahan dari Bangkit  membuat Indonesia kini mengoleksi 54 keping medali Asian Games 2018. Rinciannya adalah 16 emas, 13 perak, dan 25 perunggu. Indonesia untuk sementara naik ke peringkat empat klasemen perolehan medali, menggeser Iran yang punya 15 emas sejauh ini.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto