Kapolri Pagi Ini Resmikan 4 Gedung Baru di Polda Jatim

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Gedung baru yang diresmikan Kapolri

jatimnow.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian hari ini akan meresmikan 4 gedung 'monumental' di area komplek Polda Jawa Timur.

Keempat gedung yang diresmikan pada Selasa (28/6/2018) itu yakni, Gedung Patuh (Proaktif, Amanah, Tegas, Unggul dan Humanis), Gedung Serba Guna Mahameru, Gedung Poliklinik/IGD RS Bhayangkara, Gedung Rawat Inap RS Bhayangkara Polda Jatim.

Dalam kurun waktu sekitar 1 tahun 7 bulan, dibawah kepemimpinan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, telah melakukan pembangunan dan renovasi gedung tersebut.

Gedung Patuh berdiri di atas lahan seluas 7.776 meterpersegi. Gedung 6 lantai di belakang gedung Tri Brata (ruang kerja Kapolda dan Wakapolda Jatim) ini akan ditempati oleh satuan kerja, Itwasda, Biro Ops, Biro Rena, Bidkum, Command Center, Ruang Dinamika Operasional dan ruang rapat.

Anggaran pembangunan gedung Patuh ini sekitar Rp 81 miliar lebih. Dana tersebut bersumber dari kepolisian, hibah Pemkot Surabaya serta hibah dari pihak swasta.

Gedung serba guna Mahameru. Gedung seluas 1.419 meterpersegi. Gedung yang biasanya digunakan untuk sertijab pejabat utama Polda Jatim dan kapolres jajaran, serta kegiatan lainnya ini, direnovasi lebih elegan dan lebih luas.

Anggaran pembangunan gedung Mahameru ini sekitar Rp 8 miliar dengan sumber dari kepolisian dan hibah swasta.

Gedung poliklinik/IGD RS H.S Samsoeri Mertojoso 3 lantai ini luas bangunannya total sekitar 3.396 meterpersegi. Masing-masing lantai seluas sekitar 1.132,2 meterpersegi.

Gedung ini diperuntukan poliklinik yang terletak di bagian depan. Untuk administrasi/pendaftaran. Serta untuk pelayanan rawat inap. Anggaran pembangunan gedung poliklinik/IGD ini lebih dari Rp 25 miliar.

Gedung Rawat Inap berdiri diatas lahan seluas 1.196 meterpersegi. Gedung ini sebanyak tiga lantai. Masing-masing lantai dipergunakan untuk rawat inap. Serta sebagian ruangan di lantai 3 digunakan menjadi ruang rapat.

Pembangunan gedung rawat inap 3 lantai menghabiskan anggaran lebih dari Rp 20,5 miliar. Dana tersebut bersumber dari dana BLU (badan layanan umum) RS Bhayangkara Polda Jatim. Serta dana hibah dari swasta.

Sedangkan anggaran pengadaan alat kesehatan RS Samsoeri Mertojoso Polda Jatim ini hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebesar Rp 51 miliar.

Keempat gedung tersebut diresmikan oleh kapolri pada hari ini. Namun, masih ada beberapa gedung yang dalam progres pembangunan seperti gedung Operasi Kamar (OK) Rumah Sakit H.S Samsoeri Mertojoso Bhayangkara Polda Jatim. Gedung kantor Satlantas Polrestabes Surabaya/Satpas Colombo.

Sedangkan gedung lainnya yang sudah diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian adalah Masjid Arif Nurul Huda, pada Februari 2018 lalu. Masjid tersebut dinilai kapolri sebagai salah satu masjid termegah di jajaran polda di seluruh Indonesia.

"Hari ini, Kapolri meresmikan 4 gedung yakni, gedung Patuh, gedung serbaguna Mahameru, gedung rawat inap dan gedung poliklinik/IGD RS Samsoeri Mertojoso," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (28/8/2018).

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Erwin Yohanes

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter