Pixel Codejatimnow.com

Atlet Berkuda Kebanggaan Kabupaten Pasuruan Ramaikan Porprov VIII Jawa Timur 2023

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahaddiini HM
M. Nauval Varozdaq Rusyaidy (Foto: M. Nauval for Jatimnow.com
M. Nauval Varozdaq Rusyaidy (Foto: M. Nauval for Jatimnow.com

jatimnow.com - Salah satu atlet berkuda kebanggaan asal Purwosari Kabupaten Pasuruan, M. Nauval Varozdaq Rusyaidy (23) turut serta dalam pertandingan berkuda Porprov VIII Jatim 2023.

Nauval dikenal sebagai Ketua Divisi Equestrian Pordasi Kabupaten Pasuruan menuturkan mengenai persiapan dalam mengikuti Porprov VIII Jatim 2023 ini.

"Kebetulan untuk Porprov ini persiapan yang dilakukan cukup mepet, tapi persiapan itu sudah dilakukan semaksimal mungkin dengan berlatih 3-4 kali seminggu," ungkapnya, Kamis (7/9/2023).

Nauval yang mendalami cabor berkuda sejak kelas 2 SMP ini memberikan alasan mengapa ia mendalami olahraga ini.

Baca juga:
Bidik Prestasi di PON Aceh-Sumut, KONI Jatim Ajak Aqua Dwipayana Motivasi Atlet dan Pelatih

"Berawal dari dibelikan kuda kecil hingga belajar semua proses perawatan dan akhirnya bisa menunggangi kuda. Terus karena beda dari olahraga lain, dalam berkuda ada 2 makhluk yang sama-sama bertanding untuk meraih kemenangan, jadi kita harus mengerti mau (keinginan) kuda agar tujuan itu bisa tercapai," ungkapnya.

Ia berpesan hal yang harus dilakukan dalam menekuni cabor berkuda adalah dengan menghargai dan mengerti keinginan kuda agar dapat berjalan sesuai rencana saat pertandingan berlangsung.

Baca juga:
Voli Pantai Masih Berpeluang Raih Tiket ke Olimpiade Paris 2024

Prestasi berkuda yang telah diraih Nauval antara lain adalah Kejurnas Equestrian Piala Kasad 2021 (Medali Perak tim u-21), Piala Walikota Surabaya, pada show jumping 60 cm meraih Juara 1 dan show jumping 80 cm raih Juara 3. Pada Indonesia One Nation 2018 di Parongpong Bandung pada show jumping 40-60 raih Juara 3, dan show jumping 50-70 juga raih Juara 3. Sementara pada Fun Equestrian Games, di Taman Safari Prigen pada show jumping 40-60 raih Juara 1 dan show jumping 50-70 raih Juara 1, serta show jumping 70-90 raih Juara 3.

Nouval mempunyai harapan untuk cabor berkuda yang ditekuninya semakin memasyarakat dan semakin maju dengan kualitas pertandingan yang lebih baik khususnya di Jawa Timur.