Pixel Codejatimnow.com

Cara Astindo Tingkatkan Minat Turis Berwisata ke Negeri Jiran

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Ketua Umum Astindo Pauline Suharno (kiri) dan CEO Penang Tourism Ooi Chok Yan (kanan) saat memberi keterangan pers (Foto: Ni'am Kurniawan for jatimnow.com)
Ketua Umum Astindo Pauline Suharno (kiri) dan CEO Penang Tourism Ooi Chok Yan (kanan) saat memberi keterangan pers (Foto: Ni'am Kurniawan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) menggandeng Penang Global Tourism sebagai upaya untuk meningkatkan geliat turis Tanah Air berwisata ke negeri jiran, Malaysia, melalui penyedia jasa atau agen perjalanan wisata.

Kegiatan itu dikemas dengan tajuk 'Re-Experience Penang in the 6 Newest Ways' dengan menghadirkan para penyedia jasa atau agen wisata.

"Dengan acara seperti ini travel agent punya pengetahuan lebih dan diharapkan bisa setelah dari acara ini bisa membuat produk tur untuk segmen pasarnya masing-masing," ucap Ketua Umum Astindo Pauline Suharno, Jumat (8/9/2023).

Pauline menambahkan, selain memamerkan macam-macam spot wisata Penang Global Tourism, kegiatan tersebut juga sekaligus menjadi moment edukasi penyedia jasa untuk lebih berkreasi memberikan pelayanan dan pengalaman berwisata.

"Agen perjalanan ini UMKM yang harus terus digalakkan supaya semakin berdaya. Salah satu caranya dengan jalur Penang membawa destinasi wisata, seperti rumah sakit juga," ucapnya.

Pauline menyebut akses menuju Penang, Malaysia juga terbilang mudah, sebab Indonesia memiliki jadwal banyak penerbangan menuju kota tersebut yang bisa diakses dari sejumlah daerah.

Baca juga:
Sungai di Jember Bakal Dijadikan Venue Arung Jeram, Berikut Nilai Positifnya

"Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, Manado, Aceh. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat luar negeri yang paling banyak ke Penang. Salah satu sebabnya karena punya konektivitas pesawat yang paling banyak," imbuh dia.

Selain mewadahi perjalanan wisata ke luar negeri, lanjut Pauline, Astindo juga turut memamerkan ragam destinasi lokal Indonesia ke mancanegara. Pihaknya juga diminta untuk membantu pemerintah dalam hal ini Kemenparekraf.

Sementara, CEO Penang Tourism Ooi Chok Yan menyebut pihaknya mencatat per Juli 2023 sebanyak 107 penerbangan dari Indonesia menuju Penang.

Baca juga:
Pertumbuhan Ekonomi Sumenep Naik 5,35 Persen, UMKM dan Wisata Pemicu Terbesar

Diharapkan dengan kolaborasi dengan Astindo perjalanan pariwisata menuju Penang dari Indonesia bisa mengalami peningkatan.

"Kegiatan promosi selain membantu membangkitkan dan mengaktifkan kembali kunjungan wisata ke berbagai destinasi di Penang. Kemudian memperkuat hubungan bisnis antar pengusaha di Penang dan Indonesia," katanya.