Pixel Codejatimnow.com

Wisata Gunung Bromo Ditutup Sementara Buntut Kebakaran di Bukit Teletubbies

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ni'am Kurniawan
Usai meninjau langsung kondisi kebakaran hutan, Gubernur Khofifah mengumumkan wisata Gunung Bromo akan ditutup sementara. (Foto: Pemprov Jatim for jatimnow.com)
Usai meninjau langsung kondisi kebakaran hutan, Gubernur Khofifah mengumumkan wisata Gunung Bromo akan ditutup sementara. (Foto: Pemprov Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - Usai meninjau langsung kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies, di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, yang merupakan bagian dari kawasan wisata Bromo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengumumkan jika wisata Gunung Bromo akan ditutup sementara.

Penutupan ini buntut dari kebakaran yang terjadi akibat percikan api dari 'flare' yang digunakan oleh salah satu pengunjung pada Rabu (6/9/2023) lalu. Penutupan ini bertujuan agar wisatawan tak terdampak kebakaran. Melihat merebaknya api cukup membahayakan wisatawan.

"Kalau sudah selesai dan aman semua InsyaAllah BB-TNBTS akan berkoordinasi dengan PHRI Bromo untuk membuka kembali wisata di Bromo. Tapi sebelum itu harus dipastikan semua aman. Pastikan tidak ada api maupun asap. Karena kalau masih ada asap maka artinya di bawah kemungkinan masih ada api," tegas Khofifah, Minggu (10/9/2023).

Namun, wisatawan tetap bisa menikmati panorama Gunung Bromo dari Seruni Point. Khofifah mengaku pihaknya akan mengupayakan pemadaman cepat selesai hingga titik api benar-benar padam. Saat ini, sudah ada dua helikopter yang melakukan water boombing untuk mempercepat pembasahan dari udara.

Baca juga:
Warung Sate BMW di Ngambon Bojonegoro Ludes Terbakar

Pemprov Jatim maupun Balai Besar Taman Nasional BromoTengger Semeru juga telah berkoordinasi langsung dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dapat segera dilakukan upaya pemadaman melalui teknik water bombing via helikopter milik BNPB.

Sementara, Kepala BB TNBTS, Hendro Widjanarko mengatakan spot wisata yang ditutup di antaranya Penanjakan, Bukit Teletubies, dan Pasir Berbisik. Namun beberapa spot wisata yang dikelola warga seperti Sunrise View masih bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga:
Ruko 2 Lantai dan Pom Mini di Kediri Terbakar

"Kemudian view di kantor kami juga cukup bagus. Wisatawan bisa melihat view Gunung Bromo dari kantor kami," ujarnya.