Kapolda Jatim Dipuji Kapolri: Tidak Pernah 'Mengganggu' Mabes Polri

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Kapolda Jatim Kombes Pol Machfud Arifin meninjau gedung baru di Polda Jatim

jatimnow.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meresmikan 4 gedung baru di lingkungan Polda Jawa Timur. Dalam sambutannya, Tito memuji kepemimpinan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin yang membangun berbagai infratruktur maupun sarana dan prasarana.

"Secara pribadi, saya mengapresiasi kepada pak kapolda. Dari Desember 2016 dan bulan depan mengakhiri purna, itu membuat kagum saya dengan kepemimpinan pak kapolda Machfud Arifin," ujar Kapolri saat memberikan sambutan di acara Peresmian gedung di lingkungan Polda Jatim, di Gedung Mahameru, komplek mapolda, Jalan A Yani, Surabaya, Selasa (28/8/2018).

Empat gedung yang diresmikan pagi tadi yakni, gedung 'PATUH' lantai 6, Gedung serba guna Mahameru, Gedung IGD/Poliklinik, Gedung Rawat Inap.

Tito mengatakan, Irjen Pol Machfud Arifin memiliki passion atau keinginan untuk membangun.

"Setiap tugas di mana saja, ada saja pembangunan. Di Jawa Timur ini pembangunannya sangat masif dibandingkan dengan kesatuan-kesatuan Polri lainnya," tuturnya.

Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu, dirinya juga meresmikan Masjid Arif Nurul Huda di komplek Mapolda Jatim. Masjid tersebut dinilai kapolri memiliki arsitektur dan kualitas terbaik.

"Ini passion-nya belum tentu dimiliki orang lain," katanya.



Kapolri mengakui keinginan yang kuat dari Machfud Arifin untuk membangun sarana dan prasarana guna menunjang kinerja anggotanya serta pelayanan kepada masyarakat.

Ia menceritakan, dirinya banyak meresmikan gedung di beberapa polda lainnya seperti di Polda Papua, Polda Sumatera Barat hingga gedung 23 Polda Metro Jaya-yang menunggu hingga 14 tahun untuk menyelesaikan pembangunannya. Pembangunan gedung-gedung atau sarana dan prasarana di polda selain Jatim itu, menggunakan anggaran Mabes Polri.

"Di Jawa Timur semua pembangunan tak satu pun membebankan Mabes Polri. Saya datang ke sini cuman meresmikan saja," ujarnya.

Kapolri menambahkan, satu-satunya polda yang tidak membuat pusing Mabes Polri untuk urusan pembangunan sarana dan prasarana adalah Polda Jatim.

"Itu kekaguman saya yang pertama untuk pak Machfud Arifin," tuturnya.



Mantan Koorspripim Kapolda Jatim era Roesmanhadi itu menceritakan, ketika Machfud Arifin mengutarakan rencana akan merenovasi gedung Mahameru, membangun gedung rawat inap di Rumah Sakit Bhayangkara Samsoeri Mertojoso, ia sempat pesimis.

Namun, hari ini Kapolri Jenderal Tito kagum dengan bangunan-bangunan yang diutarakan Kapolda Machfud itu dan bisa meresmikannya.

"Dengan waktu singkat, bangunan itu diresmikan. Biasanya orang mau selesai (purna tugas) nggak banyak memikirkan instansinya, tapi banyak memikirkan dirinya sendiri," katanya.

"Tapi beliau ini banyak memikirkan untuk organisasi," jelasnya.

Reporter: Jajeli Rois
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter