Machfud Arifin, Jenderal yang Tidak Memikirkan Kepentingan Pribadinya

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

jatimnow.com - Dalam kurun waktu sekitar 1 tahun 7 bulan, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin bisa membangun gedung baru dan merenovasi bangunan lama.

Keempat bangunan di lingkungan Mapolda Jatim diresmikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Selasa (28/8/2018).

Gedung yang diresmikan itu adalah Gedung Patuh (Proaktif, Amanah, Tegas, Unggul dan Humanis) yang berlantai 6, Gedung Serba Guna Mahameru, Gedung Poliklinik/IGD RS Bhayangkara dan Gedung Rawat Inap RS Bhayangkara Polda Jatim.

Pujian dari Kapolri Jenderal Tito kepada Irjen Pol Machfud Arifin yang mengakhiri masa purna tugas.

"Secara pribadi, saya mengapresiasi kepada pak kapolda. Dari Desember 2016 dan bulan depan mengakhiri purna, itu membuat kagum saya dengan kepemimpinan pak kapolda Machfud Arifin," ujar Kapolri Jenderal Tito.

Jenderal Tito mengatakan, Irjen Pol Machfud Arifin memiliki passion atau keinginan untuk membangun ketika bertugas di mana pun berada.

"Setiap tugas di mana saja, ada saja pembangunan. Di Jawa Timur ini pembangunannya sangat masif dibandingkan dengan kesatuan-kesatuan Polri lainnya," tuturnya.

Jenderal Tito mencontohkan, beberapa waktu lalu dirinya juga meresmikan Masjid Arif Nurul Huda di komplek Mapolda Jatim. Masjid tersebut dinilai kapolri memiliki arsitektur dan kualitas terbaik.

Kapolri menceritakan, ketika Irjen Pol Machfud Arifin mengutarakan rencana akan merenovasi Gedung Mahameru, membangun gedung rawat inap di Rumah Sakit Bhayangkara Samsoeri Mertojoso, ia sempat pesimis.

Namun, hari ini Kapolri Jenderal Tito kagum dengan bangunan-bangunan yang direncanakan Irjen Pol Machfud Arifin akhirnya bisa meresmikannya.

"Dengan waktu singkat, bangunan itu diresmikan. Biasanya orang mau selesai (purna tugas) nggak banyak memikirkan instansinya, tapi banyak memikirkan dirinya sendiri," katanya.

"Tapi beliau ini banyak memikirkan untuk organisasi," jelasnya.

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Budi Sugiharto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter