jatimnow.com

Pemuda Probolinggo ini Sumbang Emas di Ajang Asian Games 2018

Editor : Arif Ardianto
Rindi Sufriyanto saat mendapat medali emas pada cabang panjat tebing 🔍
Rindi Sufriyanto saat mendapat medali emas pada cabang panjat tebing

jatimnow.com - Rindi Sufriyanto, atlet panjat tebing asal Kota Probolinggo berhasil menyumbang emas pada ajang Asian Games 2018. Rindi meraih emas melalui pertandingan panjat tebing beregu.

Rindi mengaku, dirinya sangat senang bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia dalam bidang cabor panjat tebing.

"Alhamdulillah mas saya bersama dengan tim panjat tebing Indonesia bisa mendapatkan medali emas," katanya saat dikonvirmasi via telepon, Rabu (29/8/2018).

Pria kelahiran 15 Mei 1991 ini mengaku mengenal dunia panjat tebing bermula saat dia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 2) Kota Probolinggo.

"Saya dikenalkan oleh salah satu pencinta alam dimasa itu," terangnya.

Dengan perkenalan itulah,Rindi Yang mengaku masih belum berkeluarga ini mulai meniti karirnya melalui jelah alam sebatas pendakian gunung.

"Sejalannya waktu saya juga aktif mengikuti cabor panjat tebing," ujarnya.

Dia juga mengakui kalau dirinya mencapai prestasi dipicu adanya semangat serta kecintaan kepada olah raga ini. Bahkan pada tahun 2008 silam dia juga mengaku, sudah mendapatkan medali emas dalam ajang Kejurda Jatim.

Setelah itu, rentetan prestasi terus ditorehkan Rindi di berbagai level. Pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2016, Rindi meraih 1 emas dan 2 perak di kategori Lead dan Speed.

Di kancah internasional, Rindi meraih 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu dalam Asia Championship tahun 2012.

"Jadi saya pribadi sudah beberapa kali mengikuti laga pertandingan di semua even baik nasional maupun internasional," tegasnya.

Pada tahun ini, Rindi bersama timnya mampu membawa nama baik Indonesia di ajang Asian Game 2018.

"Selama berlatih lebih dari 1,5 tahun kami bersama tim bisa memberikan prestasi terbaik untuk indonesia," ungkapnya.

Kemenangan ini, lanjut Rindi, merupakan langkah awal baik buat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI)  untuk bisa terus maju dan berlaga di Olimpiade tokyo 2020.

"Semoga olahraga Indonesia bisa lebih maju dan berprestasi," imbuh pria yang tinggal di jalan KH. Hasan Genggong , Gang Jawis, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo ini.

Reporter: Mahfud Hidayatullah
Editor: Arif Ardianto

Loading...