Padi Diserang Hama, Petani di Tulungagung Terancam Gagal Panen

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Petugas memeriksa tanaman padi yang terkena wereng

jatimnow.com - Ribuan hektar tanaman padi siap panen milik petani di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, terserang hama wereng coklat.

Serangan hama ini terjadi saat usia padi memasuki musim panen. Akibatnya hasil panen petani mengalami penurunan hingga 50 persen. Petani pun terancam gagal panen.

Suwarno, salah seorang petani menuturkan, serangan hama wereng ini selalu terjadi setiap tahun, saat memasuki musim panen.

Dalam sebidang sawah biasanya petani memperoleh hasil panen hingga 1,5 ton. "Kini turun maksimal hanya mendapat 8-9 kwintal saja," ujarnya.

Untuk menghindari kerugian, petani memilih melakukan penyemprotan insektisida guna terhindar dari serangan hama wereng coklat ini. Namun hal tersebut tidak efektif dan hama wereng masih menyerang.

Sejumlah petani memilih untuk melakukan panen dini. "Rata rata kami mengalami kerugian jutaan rupiah akibat serangan hama ini," imbuhnya.

Pramudiono, petugas Dinas pertanian setempat yang memantau serangan hama wereng di kecamatan ini menyatakan, total luas sawah di Kecamatan ini mencapai 1600 hektar.

Serangan hama wereng ini terjadi merata. "Cuma kalau dikumpulkan total yang diserang hanya 0,2 persen saja, " tuturnya.

Pihak Dinas sendiri selalu melakukan penyuluhan kepada petani agar terhindar dari serangan hama ini. Selain rutin melakukan penyemprotan, hama wereng ini mempunyai beberapa hewan predator seperti capung dan tom cat.

"Namun hewan tersebut sudah jarang ditemui sehingga serangan hama wereng semakin meluas," pungkasnya.

Reporter : Wanda R Putri
Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter