KPU Surabaya Rekapitulasi 2 Juta Lebih Pemilih di Pilgub Jatim

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Rapat pleno di KPU Surabaya/istimewa

jatimnow.com- KPU Surabaya menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 di tingkat Kota Surabaya.

Rapat pleno yang bertempat di Graha Swara Lt. III itu merekapitulasi sekitar 2.009.072 pemilih, dengan rincian 981.728 pemilih laki laki dan 1.027.344 pemilih perempuan di 4.284 TPS di seluruh Surabaya. 

“Hasil inilah yang nanti akan menjadi bagian yang ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh KPU Provinsi Jawa Timur,” kata Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum Purnomo Satrio Pringgodigdo, Selasa (13/3/2018).

Hadir dalam rapat pleno itu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-wilayah Kota Surabaya, Tim Kampanye Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 1 dan 2, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Tanjung Perak, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

“Rapat pleno yang dimulai sejak siang itu baru selesai kurang lebih pukul 22.30 WIB,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi, mengatakan pemutakhiran data pemilih ini adalah titik awal bagi terlaksananya hak-hak konstitusional warga negara dalam rangka memilih pemimpinnya.

Proses pemutakhiran data pemilih sudah dilakukan sejak tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018 yang dilakukan oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih).

“Hari ini kita melakukan rekapitulasi di tingkat kota yang mudah-mudahan membawa dampak pada demokratisasi minimal secara lokal di Kota Surabaya, karena demokratisasi nasional baru bisa berjalan tatkala demokratisasi lokal berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

Reporter: Fahrizal Tito

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter