Polisi Kumpulkan Pesilat se Ponorogo Menjelang Suroan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Polres Ponorogo saat menggelar rapat koordinasi dengan para pesilat/Foto: Mita Kusuma

jatimnow.com – Polres Ponorogo menggelar pertemuan dengan seluruh pengurus dari 24 perguruan silat di Ponorogo, Jumat (31/8/2018). Bahkan, pengurus ranting di kecamatan se Kabupaten Ponorogo juga ikut dalam petemuan itu.

Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti imbauan Kapolda Jatim yang meminta tidak ada tradisi suroan seperti nyekar kepada leluhur untuk Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dan tradisi Surabaya Agung untuk Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW).

"Saya harap tidak ada mobilisasi massa ke Madiun. Apalagi ini tahun politik," tegas Kapolres Ponorogo AKBP Radiant setelah pertemuan dengan pesilat, Jumat (31/8/2018).

Bahkan, ia memastikan di Madiun ini sudah diputuskan bahwa bagi PSHT tidak ada acara nyekar.  

Sedangkan untuk PSHW, masih menunggu keputusan rakor yang akan digelar pada Senin (2/9/2018) mendatang. "Tapi saya harap sekali lagi tidak ada mobilisasi massa ke Madiun," tegasnya.

Sementara itu, Ketua cabang PSHW Ponorogo Langen Tri mengaku sangat memahami permintaan Polres Ponorogo. Tapi, semuanya tetap keputusan di pusat.

"Keputusan kan di pusat Madiun. Kalau diputuskan tidak ada acara terpusat, ya kami pasti patuhi," kata Langen.

Ia berharap, bisa mengadakan Suran Agung sendiri di Ponorogo seperti tahun sebelumnya. Pasalnya, resiko yang ditanggung lebih sedikit.

"Ya kalau pribadi pengen Suran Agung sendiri. Tapi kan keputusan tetap di pusat. Kita lihat rakornya nanti," beber Langen.

Ketua cabang PSHT Ponorogo, Prijo Budi Setiawan sepakat dengan himbauan dari Polres Ponorogo. "Ya kalau saya sepakat. Kan sudah 6 tahun ini tidak ada yang terpusat di Madiun dari Ponorogo," pungkasnya.

 

Reporter: Mita Kusuma 

Editor: Arif Ardianto

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter