Pixel Codejatimnow.com

Avdavin jadi Atlet Skateboard setelah Bermain di Alun-Alun Kota Malang

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Gerhana
Avdavin Syauqi Endiananta atlet skateboard asal Kota Malang. (Foto: Avdavin Syauqi for jatimnow.com)
Avdavin Syauqi Endiananta atlet skateboard asal Kota Malang. (Foto: Avdavin Syauqi for jatimnow.com)

jatimnow.com - Remaja bernama Avdavin Syauqi Endiananta (14) merupakan atlet skateboard asal Kota Malang. Prestasi terakhirnya belum lama ini meraih medali perak dalam Porprov Jatim tahun 2023.

Davin, sapaan akrabnya mengatakan, dirinya sudah mengenal dunia skateboard sejak duduk di bangku Kelas 3 sekolah dasar (SD).

Pelajar asal SMP Negeri 6 Malang ini pertama kali mengetahui olahraga ekstrem skateboard ini setelah diajak oleh orang tuanya melihat orang-orang bermain di Alun-Alun Kota Malang. Kemudian, Davin tertarik untuk ikut kursus skateboard.

"Terus beli papan skate di toko olahraga, nyoba-nyoba, pertama main di Merjosari ikut skate school, terus udah tiga tahun keluar, kemudian ikut skate school di Apocalypse," kata Davin pada Rabu (8/11/2023).

Davin dalam seminggu biasanya menghabiskan waktu berlatih skateboard selama 4 - 8 jam dalam sehari. Dia biasanya latihan selepas pulang sekolah saat sore hari.

"Latihannya, seminggu tiga kali, sore hari, jadi pas waktu pulang sekolah, rata-rata sehari 4 - 8 jam," katanya.

Untuk atlet skateboard idolanya yakni Sanggoe Tanjung asal Bali, dan Loui Lopez asal Los Angeles, Amerika. Ada tiga trick andalan yang paling disukainya saat beratraksi yakni kick flip, three flip dan fible.

Sebagai atlet olahraga ekstrem, Davin juga tidak luput dari jalan terjal. Remaja asal Kecamatan Sukun, Kota Malang ini pernah mengalami cedera di beberapa bagian tubuhnya. Mulai dari cedera kaki engkel, dislokasi tangan, dan lutut.

Baca juga:
Aksi Premanisme Berkedok Juru Parkir Diduga Terjadi di Kota Malang

Rata-rata untuk proses penyembuhan cedera yang dialaminya antara satu hingga dua minggu. Namun, meski mengalami cedera, tidak membuat Davin kapok menjadi atlet skateboard.

"Serunya main skateboard, bisa bareng sama teman-teman, kalau enggak main lama misalnya, itu badan terasa kaku, kadang sakit," tuturnya.

Berbagai prestasi dalam ajang skateboard sudah pernah dicicipi oleh Davin. Terakhir kali, dia meraih medali perak dalam Porprov Jatim tahun 2023.

Selain itu, Davin pernah meraih juara keempat dalam ajang skateboard King of Kuta di Bali. Kemudian, juara ketiga dalam Kejurprov Jatim di Surabaya, dan lainnya. Selanjutnya, Piala Dispora Jatim di Surabaya pada 2019 dengan meraih Juara 3.

Baca juga:
Hendri Sepriyadi, Caleg Gerindra Kota Kediri Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

"Kalau skala internasional di Bali juga, awal tahun ini, itu Mass Bali 2023, juara 3," ujarnya.

Untuk kedepannya, Davin berharap menjadi atlet skateboard yang bisa berlaga di Sea Games.

"Kedepan, inginnya bisa ikut Sea Games," ungkapnya.