Pixel Code jatimnow.com

Sawung Jabo & Sirkus Barock Tampil Memukau, Obati Rindu Penggemarnya di Surabaya

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : M. Zainal Arif
Penampilan Sawung Jabo dan Sirkus Barock diatas panggung Gedung Cak Durasim, kompleks Taman Budaya Jawa Timur Jl. Genteng Kali 85 Surabaya, Selasa (14/11/2023) malam. (Foto: Mohammad Zainal Arif/jatimnow.com)
Penampilan Sawung Jabo dan Sirkus Barock diatas panggung Gedung Cak Durasim, kompleks Taman Budaya Jawa Timur Jl. Genteng Kali 85 Surabaya, Selasa (14/11/2023) malam. (Foto: Mohammad Zainal Arif/jatimnow.com)

jatimnow.com - Komunitas Seduluran Semanggi Suroboyo (SSS) menggelar pertunjukan musik Sawung Jabo & Sirkus Barock di Gedung Cak Durasim, kompleks Taman Budaya Jawa Timur Jl. Genteng Kali 85 Surabaya, Selasa (14/11/2023) malam.

Acara bertajuk "Kado Nggo Jabo" (Kado untuk Jabo) ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi kepada seniman yang terlahir dengan nama Mochamad Djohansyah atau dikenal dengan nama Sawung Jabo.

Kunjungan Sawung Jabo ke Kota Pahlawan disambut meriah oleh seniman-seniman kekuarga besar SSS dengan penampilannya di atas panggung.

Penampilan memukau dari Djatu Parmawati, Desy Agustina, Utiek, Bambang Jon, Ndindy & Helen (teatrikal puisi-musik), Prof. Rubi Castuby Band, dan Asri Nugroho (teatrikal seni rupa) telah menghibur seratus lebih warga Kota Surabaya dan sekitarnya yang hadir menonton gratis secara langsung.

Ketua Panitia, Sjamsul Umur mengungkapkan sudah selayaknya pihaknya menggelar pertunjukan musik untuk mengapresiasi Sawung Jabo yang merupakan seniman asli Kota Surabaya yang sukses malang melintang di jagad kesenimanan khususnya permusikan.

Pria yang lahir pada 4 Mei 1951 silam itu semakin terkenal setelah keterlibatannya dalam lahirnya lagu bertema sosial dan politik pada tahun 90-an seperti lagu berjudul "Bento" dan "Bongkar" yang hits dibawakan Iwan Fals.

Baca juga:
Anugerah Musik Banyuwangi, Cara Bupati Ipuk Ajak Anak Muda Cintai Budaya Daerah

"Hingga saat ini, Jabo masih aktif. Tahun lalu Sawung Jabo menggebrak Yogjakarta, dilanjut Bandung dan Bogor. Dan tahun ini, giliran kotane awake dewe, rek. Kota kelahirane Jabo: Suroboyo!" kata Cak Sjamsul sapaan akrabnya.

Tak hanya itu, penampilan pamungkas dari para personel Sawung Jabo dan Sirkus Barock yang digawangi, Sawung Jabo (gitar), Emanuel Hertoto/Toto Tewel (lead guitar), Ucok (violin), Denny (perkusi), Hasnan (cello), Bagus (keyboard), Joel (gitar), Tauhid (bas), dan Wasis (drum) telah berhasil membuat semua penonton terpanah dan bertepuk tangan.

Meski usianya yang sudah memasuki usia senja, 72 tahun, nyatanya ia tetap berhasil menghibur penonton dengan permainan gitar dengan suara vokalnya yang khas saat membawakan lagu-lagu ciptaannya hingga lagu ciptaan WS Rendra.

Baca juga:
PamlaX Masuk Dapur Rekaman di Sidoarjo, Musisi Belia Asal Surabaya

Bahkan ia berkesempatan membawakan lagu Penari Goyang yang merupakan karya terbarunya di hadapan para penonton yang kian lama kian larut dalam penampilannya bersama Sirkus Barock.

"Kami sangat menikmati penampilan seniman legenda Suroboyo ini (Sawung Jabo), hari ini kami dapat bernostalgia dan bernyanyi lagu-lagu karya ciptaannya bersama," ungkap Andi warga surabaya dengan penuh kebahagiaan.

 

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.