Lagi, Jemaah Haji Asal Jombang Meninggal di Tanah Suci

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Jemaah haji saat berada di Asrama Haji sukolilo Surabaya/ Foto: Dok

jatimnow.com - Kabar duka datang dari jemaah haji embarkasi Surabaya di tanah suci.  Kusnarto  (78 tahun) jamaah haji yang tergabung dalam kloter 80 meninggal dunia Jumat (31/8) kemarin.

Menurut informasi yang didapat dari petugas TPIHI Kloter 80, Ilham Rohim melalui pesan Whatsaap, kronologi meninggalnya almarhum bermula saat Kusnato bersiap diri wudlu di kamar mandi untuk melakukan sholat jumat pukul 10.15 Waktu Arab Saudi (WAS).

Setelah menunggu lama, Sulistyo, teman sekamar Kusnarto merasa curiga karena Kusnarto tidak kunjung keluar kamar mandi. Sulistyo lantas meminta Supiah, istri Kusnarto untuk melihat kondisi suaminya di kamar mandi. Dengan dibantu beberapa petugas hotel untuk membuka pintu kamar mandi, Kusnarto diketahui sudah dalam kondisi lemah.

Kusnarto lantas dibaringkan di tempat tidur dan diberikan penanganan oleh tenaga medis. Namun, selang tak lama, Kusnarto menghembuskan nafas terakhirnya, Jumat (31/8) pukul 10.30 WAS.

Jenazah warga Japanan Kec. Gudo Jombang ini kemudian dibawa ke Rumah Sakit Ahmad Faisal dan pemandian Muhajirin. Setelah itu, jenazah Kusnarto disholatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di pemakaman Shara e makkah

Menurut Ilham, Kusnarto termasuk jamaah resti yang memiliki riwayat penyakit asma.

Sementara pada hari yang sama, Chamdanah (73 tahun) jamaah haji yang tergabung dalam kloter 78 asal Jombang juga dikabarkan meninggal dunia karena penyakit pernafasan.

Jamal, sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya menjelaskan bahwa hingga kini terdapat 38 jamaah haji yang meninggal di tanah suci dan 1 orang yang meninggal dalam perjalanan dari bandara menuju debarkasi Surabaya.

"Hingga hari ini ada 38 jamaah haji yang meninggal dunia di tanah suci. 36 jamaah dari Jawa Timur dan 3 orang dari jamaah NTT. Ditambah satu lagi jamaah haji asal Sumenep kloter 11 yang meninggal di ambulan saat perjalanan dari bandara ke debarkasi Surabaya," tutur Jamal.

Sehingga, total terdapat 38 jamaah haji yang dinyatakan meninggal dunia di tanah suci serta 1 orang meninggal dalam perjalanan menuju debarkasi Surabaya sampai hari kelima pemulangan jamaah haji debarkasi Surabaya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto





 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter