Pixel Codejatimnow.com

Ribuan Santri di Bangkalan Belum Terdaftar di DPT Lokus

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Fathor Rahman
Pendataan  pemilih. (Foto: Bawaslu for jatimnow.com)
Pendataan pemilih. (Foto: Bawaslu for jatimnow.com)

 

jatimnow.com - Ribuan santri di Pondok Pesantren Syaikhona Kholil belum masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) lokasi khusus (Lokus). Hal itu diketahui saat anggota komisioner Bawaslu Jatim melakukan peninjauan.

Anggota Bawaslu Jatim, Dewita Hayu Shinta mengatakan, sebelumnya pengurus pesantren sudah mengajukan 3.567 pemilih ke KPU. Namun ribuan data itu mayoritas belum disertai dengan Nomor Induk Keluarga (NIK).

"Kemarin kita ke sana. Dari ribuan data itu baru bisa tercover 1.199 santri saja. Sedangkan sisanya 2.368 santri masih belum terdata di DPT Lokus," ujarnya, Minggu (26/11).

Ia juga mengatakan, dari temuan itu, pihaknya melakukan uji petik terhadap DPT loksus Pesantren Syaichona Kholil Bangkalan. Dari ribuan nama yang masuk dalam DPT, pihaknya meminta pihak pesantren untuk menghadirkan 2 santri.

Baca juga:
17 Pesantren Terbaik di Jatim Versi Kemendikbud

"Dua santri atas nama Lutfiadi dan Moh. Asrori dihadirkan untuk memastikan bahwa nama-nama itu benar-benar ada dan tinggal di dalam lignkungan pesantren," imbuhnya.

Ia juga menyarankan kepada pihak pesantren untuk mendaftarkan 2000 lebih santrinya untuk melakukan pindah pilih dari daerah asal masing-masing ke daerah domisili sekarang.

Baca juga:
Awal 2024 Kemenag Jatim Catat 3 Kasus Kekerasan di Ponpes, 2 Santri Meninggal

"Jika santri ini nanti jadi pemilih khusus yang bisa melakukan pencoblosan diatas pukul 12.00 saat waktu pemilihan, maka dapat dipastikan mereka tidak dapat tercover seluruhnya," pungkasnya.

 

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan
Ekonomi

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan

"Anda dapat menikmati buka puasa bersama keluarga mulai dari Rp 100.000 nett/orang di Nira Restaurant," kata Chef Executive ASTON Gresik Hotel & Conference Center, Petrus Nyo.