Pixel Codejatimnow.com

Pagelaran Wayang Warnai Gebyar Malam Puncak Hari Guru Nasional di Kota Pasuruan

Editor : Endang Pergiwati  
Pagelaran wayang kulit di GOR Untung Suropati. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan for jatimnow.com)
Pagelaran wayang kulit di GOR Untung Suropati. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan for jatimnow.com)

jatimnow.com -  Seisi gedung dipadati warna hitam putih di GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan, Minggu malam ini (26/11/2023). Adalah guru se-Kota Pasuruan memakai pakaian kebesaran PGRI sedang memperingati Hari Guru Nasional.

"Ini adalah pertama kalinya, sebelumnya tidak pernah ada peringatan Hari Guru yang semeriah ini," ucap Ketua PGRI Kota Pasuruan, M Aminurrahman.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada seluruh guru di Kota Pasuruan atas pengabdian mereka sebagai pengajar dan tenaga pendidik.

"Kami jajaran pemkot ingin memberikan rasa hormat kepada para guru yang terus melakukan tugas dengan baik dan meningkatkan kompetensi," jelas Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan, selaku perwakilan pemerintah, ia akan selalu mendukung kualitas tenaga pendidik serta memberikan semangat kepada seluruh guru di hari istimewa ini.

"Kami semua yang hadir mengucapkan selamat hari guru, ini waktunya untuk berbahagia karena sebenarnya yang paling stres ada para guru," tegasnya.

Baca juga:
Respons Gus Ipul saat Dijuluki Makelar oleh Cak Imin

Sebagai apresiasi kepada para guru, salah satu kegiatan di malam ini juga disertai pemberian hadiah atas lomba dan penghargaan kepada guru berprestasi di Kota Pasuruan.

Tidak hanya 3.000 guru anggota PGRI Kota Pasuruan yang memadati GOR, ratusan pelajar yang tergabung dari SMP, SMA dan SMK Negeri dan swasta se-Kota Pasuruan ikut menyemarakkan acara dengan penampilan paduan suaranya, serta pelajar dari MAN yang melantunkan sholawat serta doa untuk Palestina.

Tidak ketinggalan, suguhan edukatif dengan balutan kearifan budaya dikemas dalam bentuk pagelaran wayang. Kali ini, dalang Ki Ardhi Poerboantoro mengangkat lakon atau cerita berjudul Bhimo Santri.

Baca juga:
Gus Ipul Sindir Kepala Daerah dari PDI Perjuangan di Depan Khofifah

“Lakon ini ekspresi nilai-nilai luhur pendidikan dan falsafah kemajuan berbangsa dan bernegara, juga tuntutan ilmunya para santri (murid) yang mengangkat derajat para gurunya," terang Ki Ardhi.

Alur cerita wayang pun tak luput dari dunia pendidikan. Penonton makin dibuat betah dengan hadirnya bintang tamu spesial Cak Lontong Cs. Lontaran komedi yang dikemas apik menjadikan suasana terus hidup hingga akhir acara tidak terasa sudah larut malam.

Turut hadir menemani Gus Ipul diantaranya Mas Adi Wakil Walikota, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Kantor Kementerian Agama, Dandim 0819, Perwakilan Kapolres serta Ketua PGRI Kota Pasuruan beserta pengurusnya.

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan
Ekonomi

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan

"Anda dapat menikmati buka puasa bersama keluarga mulai dari Rp 100.000 nett/orang di Nira Restaurant," kata Chef Executive ASTON Gresik Hotel & Conference Center, Petrus Nyo.