Pixel Codejatimnow.com

Cuaca Jawa Timur Hari Ini Selasa 28 November: Kecepatan Angin 30 Km/Jam

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Haryo Agus

jatimnow.com - Melansir laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, cuaca di Jawa Timur pada Selasa (28/11/2023), dominan hujan intensitas ringan.

BMKG memprakirakan, Blitar, Tulungagung, Pacitan, Lumajang, akan cerah berawan dari pagi hingga malam hari. Selain wilayah tersebut akan turun hujan intensitas ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 17-36 derajat celcius dengan kelembaban 55-100 persen. Kecepatan angin berkisar 30 kilometer per jam, dominan berhembus dari tenggara ke barat daya," tulis BMKG Juanda dalam keterangan resminya.

Cuaca di Surabaya, BMKG memprakirakan akan cerah berawan pada pagi hari dan akan turun hujan intensitas ringan hingga lebat pada siang hingga sore hari.

Baca juga:
Prakiraan Cuaca Surabaya 27 Februari: Hujan Siang hingga Malam Hari

Suhu tertinggi di Surabaya diprakirakan mencapai 34 derajat celcius dengan kelembaban udara 60-95 persen. Kecepatan angin sekitar 30 kilometer per jam berhembus dari timur ke barat.

BMKG mengimbau agar selalu waspada terhadap cuaca ektrem pada masa pancaroba dan awal musim hujan yang akan mengakibatkan potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, tanah longsor, hingga hujan es.

Baca juga:
Warga Heran Hujan Es di Sidoarjo, Ini Penjelasan BMKG Juanda

BMKG menyebut analisis udara atas di wilayah Jawa Timur menunjukkan kondisi atmosfer yang labil dan cukup basah. Hingga awal Desember, terdapat gangguan atmosfer yang melintasi wilayah Jatim secara bergantian yaitu, Maiden Julian Oscillation, gelombang Rosby, dan gelombang Kelvin.

"Kondisi ini meningkatkan pertumbuhan awan Cumulonimbus yang berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem di Jawa Timur," pungkasnya