Pixel Codejatimnow.com

Jember Kota Industri Berbasis Agraris, Selaras Program Prabowo-Gibran

Editor : Zaki Zubaidi  
Deklarasi KIP Prabowo-Gibran di Kabupaten Jember. (Foto: Atin for jatimnow.com)
Deklarasi KIP Prabowo-Gibran di Kabupaten Jember. (Foto: Atin for jatimnow.com)

jatimnow.com - Penasihat Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo-Gibran, Fandi Utomo, mengatakan Kabupaten Jember terkenal sebagai salah satu daerah penghasil tembakau utama di Indonesia. Tembakau Jember adalah tembakau yang digunakan sebagai lapisan luar/kulit cerutu.

"Di pasaran dunia tembakau Jember sangat dikenal di Jerman dan Belanda," ujar Fandi Utomo, dalam siaran pers, Selasa (28/11/2023) malam.

Selain itu, kata Fandi, wilayah Jember juga menghasilkan komoditi pangan seperti padi, jagung, ketela pohon, ketela rambat, kacang tanah, kacang hijau, kedelai, umbu-umbian, sayur-sayuran dan buah-buahan. Pada sektor perkebunan mencakup perkebunana kopi, kakao, tebu dan tembakau.

Fandi Utomo menyatakan, dengan kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Jember menjadikan daerah ini berpeluang menjadi kota industri berbasis agraris. Kondisi geografis Jember sangat subur yang menyebabkan komoditi perkebunan dan pertanian dapat tumbuh dengan baik.

"Dalam dalam program kerja Prabowo-Gibran, kota industri berbasis agraris adalah hal utama dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi negara. Kepastian keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup menjadi prioritas utama untuk menjamin generasi mendatang dapat hidup sehat dan nyaman," terang Fandi Utomo, saat deklarasi KIP Prabowo-Gibran di Jember, Senin kemarin.

Fandi Utomo menegaskan dalam program kerja Paslon Prabowo-Gibran, percepatan pencapaian komitmen terhadap target pembangunan berkelanjutan termasuk target net zero emisi dari gas rumah kaca (GRK) dan mengupayakan penurunan jejak karbon (carbon footprint) serta jejak air (water footprint) untuk berbagai produk.

"Selain itu, pemanfaatan bioplastik dalam kehidupan sehari-hari perlu diupayakan sesegera mungkin," ungkapnya.

Baca juga:
Kades di Tulungagung Dukung Paslon 02, Ini Putusan Bawaslu

Sementara itu Ketua KIP Prabowo- Gibran Kabupaten Jember, Wigit Prayitno menyatakan dukungan dan pilihan kepada Paslon nomor 2 untuk Indonesia Maju. Karenanya, dia mengajak membulatkan tekad untuk memenangkan Prabowo-Gibran dalam satu putaran.

"Prabowo-Gibran menang, Indonesia makin makmur, adil, sejahtera, berdiri di atas kaki sendiri. Prabowo-Gibran menang satu putaran," ujarnya saat memimpin deklarasi KIP Prabowo-Gibran Kabupaten Jember.

Wigit Prayitno mengaku akan bekerja keras untuk memenangkan Prabowo-Gibran. Pembentukan koordinator kecamatan (koorcam) dan koordinator desa (kordes) sampai pada tingkat RT/RW mutlak dilakukan.

Baca juga:
Pelajar Lamongan Cukur Gundul, Menanti Susu dan Makan Gratis Prabowo-Gibran

"Kami kerja keras untuk memenangkan Pak Prabowo-Gibran, saya lihat beliau orangnya ikhlas berbuat untuk negara yang dicintainya," ujarnya.