Pixel Codejatimnow.com

5 Maskapai Penerbangan Ini Hadir Bahas Operasional Bandara Dhoho Kediri

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Yanuar Dedy
Direktur PT SDI Maksin Arisandi (kanan) bersama Gubernur Khofifah (tengah) dan Bupati Kediri Mas Dhito (kiri). (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Direktur PT SDI Maksin Arisandi (kanan) bersama Gubernur Khofifah (tengah) dan Bupati Kediri Mas Dhito (kiri). (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Lima maskapai penerbangan hadir dalam pertemuan Airlines Gathering di Grand Surya, Kota Kediri, Kamis (30/11/2023) malam.

Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDI) Maksin Arisandi mengonfirmasi kelimanya hadir dalam pertemuan tadi malam bersama PT Angkasa Pura 1, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan kepala daerah di kota maupun Kabupaten Kediri.

Mereka adalah Super Air Jet, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air dan Citilink yang kemungkinan besar akan menjadi bagian awal dari Bandara Dhoho Kediri ini.

“Ada lima maskapai yang kemarin hadir, perwakilan dari Super Air Jet, Lion dan Batik Air, kemudian ada Sriwijaya Air dan Citilink. Kami berfikir itu sudah bagus di awal untuk kegiatan gathering tadi malam,” kata Maksin, Jumat (1/12/2023).

Namun lebih jauh Maksin belum bisa berkomentar. Menurutnya itu menjadi kewenangan dari PT Angkasa Pura 1 selaku operator Bandara Dhoho Kediri untuk bisa menjelaskan hal ini.

Sementara itu terkait Bandara Dhoho Kediri, tercatat memiliki panjang landasan pacu atau runway 3.300 m x 45 m yang mampu didarati Pesawat terbesar B777-300ER. Lalu jalur perpindahan pesawat atau taxiway sepanjang 306 m x 32 m dan 438 m x 32 m. Gedung terminal 18.224 M2 berkapasitas 1,5 juta pax / th.

Maksin menambahkan secara fisik dan operasional bandara Dhoho Kediri sangat siap. Saat ini, pembangunan bandara Dhoho Kediri pada bagian landside (sisi darat) meliputi runway, taxiway dan apron serta airside (sisi udara) terdiri dari terminal, crub dan tempat parkir kendaraan, memasuki tahap finishing. Artinya pada bagian airside dan landside rencana pembangunan dan pekerjaan di lapangan yang sebenarnya sudah mencapai target 97 persen.

Baca juga:
Ponpes Kediri Tempat Santri Banyuwangi yang Tewas Dianiaya Ternyata Tak Berizin

"Airside meliputi VIP apron dan commercial Appron, Drainage System, Ducting (saluran distribusi udara), Topsoil & Grass serta runway strip (landasan pacu) sudah tuntas 100 persen," jelasnya.

Terkait dokumen kesiapan operasi Bandara Dhoho Kediri seperti sertifikat standar BUBU, Condition Precedence (CP) KPBU Done Aeronautical Information Publication (AIP) telah selesai dikerjakan.

Sedangkan Sertifikat Layanan Navigasi Penerbangan dan Sertifikat Bandar Udara (SBU) memasuki tahap on progres masing-masing tanggal 25 dan 29 November 2023.

Baca juga:
Maskapai Susi Air Tambah Jadwal Penerbangan Bawean-Surabaya, Usai Rehat 3 Hari

"Kemudian tanggal 1-3 Desember 2023, final check kesiapan operasi dan simulasi operasi. Diperkirakan bandara Dhoho mulai beroperasi secara komersial tanggal 8 Desember 2023. Semakin cepat semakin baik sehingga bandara Dhoho Kediri beroperasi aman dan tenang untuk penumpang," tandasnya.