Pixel Codejatimnow.com

Universitas Ciputra Beri Tips Mahasiswa Cara Pertahankan Bisnisnya

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Talkshow di hari kedua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Universitas Ciputra 2023. (Foto: Aditya for jatimnow.com)
Talkshow di hari kedua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Universitas Ciputra 2023. (Foto: Aditya for jatimnow.com)

jatimnow.com - Universitas Ciputra memberi tips para mahasiswa agar bisa mempertahankan bisnisnya. Ini disampaikan dalam enterprenurship talkshow di hari kedua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Universitas Ciputra 2023, Sabtu (2/12/2023) kemarin.

Talkshow ini menghadirkan narasumber Excetutive Board Universitas Ciputra DR. Ir. Denny Bernardus M.M. Sesuai dengan tema “Membangun Bisnis Berkelanjutan dalam Konteks Pasar Global” Denny berbagi cara memenej bisnis itu berbeda dengan pertemanan.

"Bahwa kalau cari bestie itu cari kesamaan tapi kalau cari partner bisnis itu cari perbedaan," jelasnya.

Denny mengungkapkan, untuk mempertahankan suatu bisnis perlu ada komitmen dan tanggung jawab dari kelompok kecil yang telah terbentuk. Kelompok wirausaha paling efektif menurutnya maksimal berjumlah lima orang.

Denny juga menuturkan, bahwa dari kelima orang itu, masing-masih harus memiliki perbedaan kemampuan dalam background keilmuannya. Sehingga nantinya mampu memberikan masukan satu sama lain agar bisnis dapat terus bertahan.

Selain itu, jam terbang juga menjadi hal yang patut diperhitungkan. Founder sebuah usaha perlu memiliki jam terbang yang cukup agar memiliki pengetahuan, yang itu dapat diraih salah satunya melalui program Wirausaha Merdeka Univeritas Ciputra ini.

Baca juga:
Jadwal SIM Keliling di Surabaya Tanggal 21-22 Februari, Cek Lokasinya

"Di mata kuliah WMK ini ini kita mengajarkan kepada para mahasiswa untuk Jangan hanya tinggal dalam satu disiplin harus multi disiplin jadi dengan jumlah yang terbatas maksimal 5 ini ya best practice saja Kemudian background yang berbeda-beda itu akan lebih mudah tercipta usaha-usaha baru yang lebih sustainable," pungkasnya.

Menurutnya program yang dinisiasi oleh Kemendikbud ini menjadi program yang baik dalam menciptakan wirausaha baru. Setidaknya dalam WMK Universitas Ciputra 2023 ini berhasil menciptakan start up baru sebanyak 550 peserta.

Sementara itu Ketua WMK Universitas CiputraDr David Sukardi Kodrat, M.M., CPM (Asia) mengungkapkan, Universitas Ciputra ingin mendukung penciptaan wirausaha baru.

Baca juga:
Prakiraan Cuaca Surabaya Rabu 21 Februari: Hujan Rintik Sore Hari

Hal itu pun berhasil diwujudkan Universitas Ciputra melalui program WMK ini yang diikuti 39 perguruan tinggi yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, DKI, Jawa Barat, Bali, Sumatera Utara, NTB, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

"Enterpreneur ini bukan ekslusif untuk orang-orang yang punya uang, tapi Pak Ciputra ingin anak petani, nelayan, polisi, tentara, orang-orang terbelakang bisa jadi pengusaha," katanya.