Pixel Codejatimnow.com

Reog Ponorogo Pikat Warga Malaysia di Plaza Angsana Mall

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Penampilan Reog Ponorogo Mempesona Masyarakat Malaysia di Plaza Angsana Mall (Disbudparpora Ponorogo for jatimnow.com)
Penampilan Reog Ponorogo Mempesona Masyarakat Malaysia di Plaza Angsana Mall (Disbudparpora Ponorogo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Penampilan Reog Ponorogo berhasil memukau ratusan pengunjung di Plaza Angsana Mall Johor Bahru, Malaysia. Inisiatif Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) menggelar pertunjukan ini sebagai bagian dari promosi budaya Indonesia di luar negeri dan merayakan HUT Pawargo ke-7.

Acara "Gebyar Seni Reog Ponorogo" juga menampilkan seni beladiri Pencak Silat, yang sudah mendunia, dan diikuti oleh sejumlah organisasi seperti Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW), Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI), dan lainnya.

"Semoga menjadi alat pemersatu," sebut Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Johor Bahru, Sigit S Widiyanto, dalam keterangan tertulis, Senin (11/12/2023)

Dia menyatakan harapannya bahwa pertunjukan Reog ini dapat mempererat hubungan antarwarga Indonesia di Malaysia dan meningkatkan persaudaraan antara kedua negara.

"Juga semoga meningkatkan hubungan persaudaraan antara Malaysia dan Indonesia," katanya.

Baca juga:
Festival Nasional Reog Ponorogo Hattrick Masuk KEN Kemenparekraf

Dalam tanggapannya, Ahli Dewan Undangan Negeri (ADUN) Johor, Dato Samsol Bahri Jamali, mengakui kontribusi Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia dalam mengembangkan budaya Indonesia.

Ia memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan budaya semacam ini, berharap agar dapat dilakukan secara rutin.

"Bisa berkelanjutan dan tentu semakin rutin," tegasnya.

Baca juga:
Atlet Denny Aprisani Soroti Aksi Pengeroyokan Oknum Pesilat di Tuban

Pertunjukan Gebyar Reog Ponorogo di Angsana Mall berhasil menarik perhatian pengunjung, termasuk masyarakat Indonesia yang sengaja datang menonton.

Acara ini diharapkan menjadi alat pemersatu dan upaya pelestarian budaya Indonesia di luar negeri.